5 Cara Efektif Mengatasi Ngantuk di Siang Hari saat Puasa

Jum'at, 15 Maret 2024 - 10:34 WIB
loading...
A A A
Kemudian, pastikan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup selama berpuasa untuk mencegah dehidrasi, yang bisa menyebabkan rasa ngantuk. Hindari kafein yang dapat membuat Anda terjaga, tetapi konsumsi kafein berlebihan dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan peningkatan rasa ngantuk di kemudian hari.

Hindari minuman berkafein saat sahur atau berbuka puasa. "Yang ketiga adalah pastikan minum air yang cukup ya, air putih. Bukan air gula ataupun kopi. Pastikan terhidrasi dengan baik karena kalau kita tubuhnya dehidrasi, kita akan lemas dan sensasi ngantuk," ujarnya.

Selain itu bergerak atau olahraga ringan. Melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan-jalan setelah berbuka puasa atau sebelum sahur dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa ngantuk.

"Yang keempat adalah kalau di tengah hari teman-teman merasa ngantuk, coba deh bangkit berdiri dari tempat duduk. Kemudian gerak-gerak kecil stretching. Ini akan membantu peredaran darah lebih lancar. Jadinya kita lebih segar," ungkapnya.



Terakhir, jika memungkinkan, ambillah tidur singkat selama beberapa menit di siang hari jika Anda merasa sangat ngantuk. Tidur singkat ini dapat memberi kesegaran tambahan bagi tubuh.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)