8 Risiko Kesehatan Mudik Naik Motor, Waspadai Nyeri Otot hingga Gula Darah Naik

Rabu, 03 April 2024 - 22:00 WIB
loading...
A A A

4. Menurunkan Konsentrasi


Menggunakan sepeda motor untuk perjalanan mudik bisa menurunkan konsentrasi. Sehingga berisiko terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas.



5. Kelelahan


Terakhir, menggunakan sepeda motor dalam waktu yang lama juga dapat mengakibatkan kelelahan. Sehingga sering mengalami gangguan kesehatan dan kecelakaan di jalan.

6. Paparan Polusi Udara


Pengendara sepeda motor rentan terhadap paparan polusi udara dari kendaraan lain di jalan serta dari knalpot mereka sendiri. Paparan polusi udara dapat meningkatkan risiko masalah pernapasan dan kesehatan lainnya.

7. Dehidrasi


Terpapar sinar matahari dan angin selama perjalanan jarak jauh dapat menyebabkan dehidrasi. Penting untuk minum air yang cukup selama perjalanan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

8. Stres dan Kecemasan


Perjalanan jarak jauh dengan motor bisa menjadi stresor tambahan bagi pengendara. Kondisi lalu lintas yang padat, rute yang tidak dikenal, dan ketidakpastian perjalanan bisa meningkatkan tingkat stres dan kecemasan.



Kemenkes pun menyarankan masyarakat untuk menyiapkan kesehatan fisik dan mental serta memeriksakan kesehatan sebelum perjalanan. Pastikan kendaran dalam keadaan baik, hindari penggunaan obat yang menyebabkan kantuk dan minuman beralkohol.

Hindari membawa beban atau orang melebihi kapasitas, gunakan helm standar keselamatan, patuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak menggunakan alat komunikasi saat mengemudi. Beristirahatlah setiap 3-4 jam sekali dan istirahat saat mengantuk atau lelah, hati-hati mengemudi saat turun hujan atau cuaca buruk, dan jaga jarak dengan kendaraan lain.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2732 seconds (0.1#10.140)