Air Terjun Belasan Tingkat di Jambi yang Masih 'Perawan'

Selasa, 04 Desember 2018 - 11:28 WIB
Air Terjun Belasan Tingkat di Jambi yang Masih Perawan
Air Terjun Belasan Tingkat di Jambi yang Masih 'Perawan'
A A A
MERANGIN - Demi menjaga adat istiadat, wisata Air Terjun Bertingkat di Desa Muaro Panco Barat, Kecamatan Renah pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi terjaga keasriannya. Para turis yang datang ke tempat indah ini harus seizin adat setempat dulu.

Wisata air terjun ini diakui masyarakat tidak terpengaruh budaya luar karena tujuannya memang untuk menjaga budaya dan keagamaan masyarakat yang masih kental sehingga lokasi wisata air terjun ini masih terjaga.

Halip Mawardi selaku Kepala Desa Muaro Panco Barat mengatakan Air Terjun Bertingkat memiliki air yang dingin. Namun, wisatawan tidak boleh asal menyentuhnya karena masyarakat disekitar lokasi memegang teguh adat istiadat yang berbunyi adat bersendi sarak.

“Sarak bersendi kitabullah. Perjalanan ke lokasi air terjun ini sekitar 6 jam dari jalan lintas Bangko Kerinci, Jambi," kata Halip.

“Kalau air terjunnya bertingkat cukup menarik karena, kurang lebih ada 20 tingkat dan kalau tingginya sekitar 15 meter per tingkat air terjun," tambah dia.

Bagi wisatawan yang sudah mendapat izin menyaksikan pesona Air Terjun Bertingkat, bisa segera menikmati air terjun itu. “Saat menelusuri air terjun ini juga tidak dibolehkan berpasang-pasangan. Jadi, kalau perempuan yang jalannya sesama perempuan dan laki laki sesama laki laki," tegas Halip.

Namun, saat menelusuri wisata ini para turis akan didampingi warga setempat disekitar lokasi wisata. Masyarakat setempat bisa memberi petunjuk dan mengarahkan para wisatawan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6719 seconds (0.1#10.140)