Bagaimana Cara Menghilangkan Maag Tanpa Obat? Begini Saran Dokter

Selasa, 16 April 2024 - 13:40 WIB
loading...
Bagaimana Cara Menghilangkan Maag Tanpa Obat? Begini Saran Dokter
Cara menghilangkan maag tanpa obat bisa dilakukan dengan melibatkan perubahan gaya hidup dan diet. Seperti halnya hindari makan terlalu banyak dalam satu waktu. Foto/Prevention
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan maag tanpa obat bisa dilakukan dengan melibatkan perubahan gaya hidup dan diet. Seperti halnya hindari makan terlalu banyak dalam satu waktu dan makan dalam porsi kecil namun sering, sehingga lambung tidak terlalu terbebani.

Selain tidak telat makan, stres, dan konsumsi minuman kafein, Anda juga bisa menghindari maag kambuh dengan mengunyah. Mengunyah makanan sebaiknya tidak asal-asalan dan tidak dalam waktu yang sangat cepat.

Hal ini tanpa disadari membuat kinerja lambung dan organ lainnya semakin berat hingga membuat maag kambuh. Dokter sekaligus content creator kesehatan, dr. Kevin Mak menjelaskan bahwa mengunyah dalam waktu yang lebih lama bisa membantu enzim pencernaan dari mulut dan air liur akan lebih efektif menghancurkan makanan.

Hal tersebut bisa menghindari terjadinya peningkatan asam lambung yang ekstrim pada tubuh.



"Dengan mengunyah lebih lama, enzim pencernaan dari mulut dan air liur akan lebih efektif memecah makanan," kata dr. Kevin dikutip aku akun Instagram pribadinya @drkevinmak, Selasa (16/4/2024).

"Sehingga pas makanan masuk ke lambung pencernaan juga jadi lebih mulus dan kadar asam lambung jadi ga meningkat ekstrim," sambungnya.

Idealnya manusia mengunyah makanan sebanyak 24 sampai dengan 32 kali. Tapi tentunya tak semua orang mau menghitung berapa banyak dirinya telah mengunyah makanan.

Oleh karenanya, dr. Kevin menyarankan untuk menyisihkan lima sampai dengan tujuh detik lebih lama untuk mengunyah makanan dibandingkan biasanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4074 seconds (0.1#10.140)