5 Obat Tradisional Penurun Panas pada Anak, Bisa Jadi Pertolongan Pertama

Jum'at, 26 April 2024 - 16:30 WIB
loading...
A A A

3. Mandi Air Hangat


Anak-anak kemungkinan besar tidak akan menyukai mandi saat mereka sakit. Pilihan alternatifnya adalah dengan menempelkan waslap hangat di dahi anak untuk membantu meredakan panas.

Orang tua tidak boleh mengoleskan alkohol ke kulit anak-anak untuk meredakan demam. Alkohol bisa berbahaya jika terserap ke dalam kulit.



4. Lidah Buaya


Untuk meredakan panas pada anak, letakkan irisan lidah buaya di dahi. Cara ini dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh dan untuk mendinginkan anak.

5. Minyak Esensial


Anda dapat meredakan panas si kecil dengan minyak esensial. Yang paling cocok adalah yang berbahan dasar ravintsara, lavender, thyme, eucalyptus radiata, niaouli dan tea tree. Jika anak tidak menunjukkan tanda-tanda alergi atau intoleransi, Anda bisa merendam kaki si kecil dengan minyak esensial untuk menurunkan demam.

Cukup campurkan 10 tetes eucalyptus dan 100 gram garam dengan air panas lalu masukkan kaki anak ke dalamnya. Memijat anak dengan campuran minyak esensial yang sinergis juga bisa efektif. Caranya, campurkan 15 tetes minyak asiri lavendel, 15 tetes minyak asiri ravintsara, dan 5 tetes minyak asiri thyme yang dicampur dengan 7 ml minyak sayur.

Campuran ini dipijat ke dada dan punggung, enam kali sehari selama dua hari. Anda hanya membutuhkan tiga tetes campuran tersebut untuk setiap pijatan.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)