Kunjungi NTB, Sandiaga Bakal Perkuat Pengembangan Potensi Kain Tenun Khas Bima

Sabtu, 27 April 2024 - 21:00 WIB
loading...
Kunjungi NTB, Sandiaga Bakal Perkuat Pengembangan Potensi Kain Tenun Khas Bima
Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan mengunjungi Kampung Tenun Rabadompu dalam kunjungan kerjanya di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat, 26 April 2024. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
BIMA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan mengunjungi Kampung Tenun Rabadompu dalam kunjungan kerjanya di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat, 26 April 2024.

Sandiaga begitu terpukau dengan keindahan kain tenun khas Bima. Ia bahkan membeli sejumlah produk kain tenun karya pengrajin lokal yang disebutnya memiliki nilai tinggi.

Pasalnya, kain tenun merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Terlebih, kain tenun khas Bima tersebut sudah berhasil menembus pasar internasional yakni Singapura dan Eropa.



"Ini merupakan bentuk kekayaan serta pelestarian budaya di Kota Bima ini," kata Sandiaga.

"Ini tentunya memberikan kesejahteraan untuk masyarakat. Karena ada sekitar 100 ibu yang terlibat dalam pembuatan kain-kain tenun ini," sambungnya.

Lebih lanjut, Sandiaga berkomitmen memperkuat pengembangan potensi kain tenun khas Bima. Salah satunya dengan sertifikasi halal bahan baku kain tenun seperti pewarna.



"Nanti setelah Oktober, kami akan memfasilitasi sertifikasi halal untuk bahan pewarna dan bahan-bahan produksinya," jelasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3779 seconds (0.1#10.140)