alexametrics

WHO Sebut Kelompok Antivaksin Sebagai Ancaman Kesehatan Global

loading...
WHO Sebut Kelompok Antivaksin Sebagai Ancaman Kesehatan Global
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kelompok menolak vaksinasi atau antivaxx sebagai salah satu ancaman utama terhadap kesehatan global pada 2019. (Warwick Daily News)
A+ A-
JAKARTA - Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebut keragu-raguan vaksin atau keengganan atau penolakan untuk melakukan vaksinasi meskipun ada ketersediaan atau yang sering disebut antivaxx sebagai salah satu ancaman utama terhadap kesehatan global pada tahun 2019. Setiap tahun WHO menerbitkan daftar 10 ancaman terbesar bagi kesehatan dunia untuk menetapkan agendanya selama 12 bulan ke depan.

Sementara 2 hingga 3 juta kematian dicegah setiap tahun, jumlah itu bisa jauh lebih tinggi. "Sekitar 1,5 juta lebih lanjut dapat dihindari jika cakupan global vaksinasi meningkat," kata kelompok itu.

Menurut kelompok penasihat vaksin di WHO, kepuasan diri, ketidaknyamanan dalam mengakses vaksin dan kurangnya kepercayaan diri adalah alasan utama mengapa orang melewatkan vaksinasi. Di Amerika Serikat, mereka yang melewatkan vaksinasi untuk diri mereka sendiri atau anak-anak mereka sering mengutip alasan agama, atau gagasan yang salah bahwa vaksin mengarah ke autisme.



Sementara, Pusat Pengendalian Penyakit mengatakan tidak ada hubungan ilmiah antara vaksin dan autisme. WHO juga mengatakan bahwa memilih untuk tidak memvaksinasi mengancam akan membalikkan kemajuan yang dibuat dalam menanggulangi penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin. Selama beberapa dekade terakhir, beberapa penyakit seperti polio dan campak yang dianggap diberantas di negara-negara di mana vaksin sudah tersedia telah mengalami kebangkitan karena orang sudah mulai menolak vaksinasi.

“Campak, misalnya, telah mengalami peningkatan 30% dalam kasus global. Alasan kenaikan ini sangat kompleks, dan tidak semua kasus ini disebabkan oleh keragu-raguan vaksin. Namun, beberapa negara yang hampir menghilangkan penyakit ini telah mengalami kebangkitan," kata WHO seperti dilansir dari Health.

Sembilan ancaman kesehatan global lainnya dalam daftar WHO adalah polusi udara dan perubahan iklim, penyakit tidak menular, pandemi influenza global, pengaturan yang rentan dan rentan, resistensi antimikroba, Ebola dan patogen ancaman tinggi lainnya, perawatan kesehatan primer yang lemah, demam berdarah dan HIV.

Untuk mengatasi meningkatnya tingkat keragu-raguan vaksin, WHO berencana untuk terus maju dengan tujuan menghilangkan kanker serviks dengan aplikasi yang lebih canggih dari vaksin HPV.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak