10 Kebiasaan Rutin di Pagi Hari yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Sabtu, 18 Mei 2024 - 20:45 WIB
loading...
A A A

5. Minum Obat Sesuai Resep


Jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, minumlah secara konsisten pada waktu yang ditentukan setiap pagi untuk menjaga kontrol tekanan darah tetap stabil.



6. Konsumsi Sarapan yang Seimbang


Siapkan sarapan seimbang yang terdiri dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak. Sarapan yang sehat dapat mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan dan membantu mengatur tekanan darah.

Menerapkan pola makan yang kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak sambil membatasi asupan natrium, lemak jenuh dan trans, serta tambahan gula dapat berdampak positif pada tekanan darah.

7. Batasi Asupan Kafein


Kurangi atau hindari konsumsi minuman berkafein, seperti kopi atau minuman berenergi, di pagi hari. Kafein untuk sementara dapat meningkatkan tekanan darah.

8. Pantau Tekanan Darah


Gunakan monitor tekanan darah di rumah untuk memeriksa tekanan darah Anda secara teratur. Pantau pembacaan Anda dan bagikan dengan penyedia layanan kesehatan untuk memantau kemajuan Anda dan membuat penyesuaian yang diperlukan pada rencana perawatan.

9. Batasi Konsumsi Alkohol


Anda juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi alkohol. Asupan alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga disarankan untuk membatasi konsumsi alkohol pada tingkat sedang.

10. Berhenti Merokok


Merokok dapat menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Berhenti merokok atau menghindari paparan asap rokok dapat meningkatkan tekanan darah dan memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)
pixels