Beri Gadget pada Anak Saat Makan Adalah Kebiasaan Buruk

Selasa, 19 Maret 2019 - 17:30 WIB
Beri Gadget pada Anak Saat Makan Adalah Kebiasaan Buruk
Beri Gadget pada Anak Saat Makan Adalah Kebiasaan Buruk
A A A
JAKARTA - Gadget kerap dijadikan solusi praktis para orang tua untuk mengatasi anak yang tengah rewel. Dengan memberikan gadget, anak dapat berhenti menangis dan duduk dengan tenang. Pemberian gadget juga kerap dilakukan para orang tua ketika anak sedang makan. Mereka akan disuapi makanan sambil dipertontonkan sebuah film atau game.

Namun, hal ini justru dinilai para ahli sebagai sebuah kebiasaan buruk. Ahli gizi dr. Diana F. Suganda, SpGK mengatakan, bahwa pemberian gadget ketika anak makan dapat mengubah pola pikir mereka. Makanan bisa dianggap sebagai pengganggu sehingga akhirnya, anak menolak untuk makan dan lebih memilih bermain gadget.

"Jangan kenalkan anak dengan gadget saat makan. Saat duduk dengan gadget, mindset dia, asik main dan nonton dan ada makanan masuk itu berarti dianggap sebagai pengganggu," kata dr. Diana.

Tak hanya gadget, dr. Diana juga menyarankan, saat makan anak tidak boleh dihadapkan dengan televisi atau bermain di taman. Idealnya, para orang tua mulai membiasakan anak untuk makan dengan cara duduk rapi dan fokus pada makanannya tanpa adanya gadget, televisi ataupun bermain di taman secak dini. Hal ini, akan menjadikan makanan sebagai sebuah kebutuhan bukan kewajiban untuk anak.

"Biasanya kalau sore, anak abis dimandiin, bedak belepotan, dikasih makan sambil jalan di taman. Jadi nggak boleh ada distraksi apapun. Nggak boleh ada TV. Cara mengenalkan makanan ke anak duduk, diam. Nggak boleh ada gangguan," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9033 seconds (0.1#10.140)