alexametrics

Beri Gadget pada Anak Saat Makan Adalah Kebiasaan Buruk

loading...
Beri Gadget pada Anak Saat Makan Adalah Kebiasaan Buruk
Pemberian gadget kepada anak sebagai pengalih perhatian ketika mereka sedang makan adalah sebuah kebiasaan buruk yang seharusnya tidak dilakukan orang tua. (BBC)
A+ A-
JAKARTA - Gadget kerap dijadikan solusi praktis para orang tua untuk mengatasi anak yang tengah rewel. Dengan memberikan gadget, anak dapat berhenti menangis dan duduk dengan tenang. Pemberian gadget juga kerap dilakukan para orang tua ketika anak sedang makan. Mereka akan disuapi makanan sambil dipertontonkan sebuah film atau game.

Namun, hal ini justru dinilai para ahli sebagai sebuah kebiasaan buruk. Ahli gizi dr. Diana F. Suganda, SpGK mengatakan, bahwa pemberian gadget ketika anak makan dapat mengubah pola pikir mereka. Makanan bisa dianggap sebagai pengganggu sehingga akhirnya, anak menolak untuk makan dan lebih memilih bermain gadget.

"Jangan kenalkan anak dengan gadget saat makan. Saat duduk dengan gadget, mindset dia, asik main dan nonton dan ada makanan masuk itu berarti dianggap sebagai pengganggu," kata dr. Diana.



Tak hanya gadget, dr. Diana juga menyarankan, saat makan anak tidak boleh dihadapkan dengan televisi atau bermain di taman. Idealnya, para orang tua mulai membiasakan anak untuk makan dengan cara duduk rapi dan fokus pada makanannya tanpa adanya gadget, televisi ataupun bermain di taman secak dini. Hal ini, akan menjadikan makanan sebagai sebuah kebutuhan bukan kewajiban untuk anak.

"Biasanya kalau sore, anak abis dimandiin, bedak belepotan, dikasih makan sambil jalan di taman. Jadi nggak boleh ada distraksi apapun. Nggak boleh ada TV. Cara mengenalkan makanan ke anak duduk, diam. Nggak boleh ada gangguan," kata dia.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak