10 Jajanan Kaki Lima Terburuk di Asia Tenggara, Ada dari Indonesia

Minggu, 02 Juni 2024 - 20:15 WIB
loading...
A A A
Labu dipotong sehingga tutup, biji, dan dagingnya terlepas dari dalam. Santan, gula pasir, dan daun pandan dipanaskan sebentar, lalu didinginkan sebelum dicampur dengan telur kocok dan sedikit tepung maizena. Custard yang dihasilkan ditempatkan di dalam labu, kemudian dikukus, didinginkan, dipotong-potong, dan disajikan.

9. Khanom Tom - Thailand

10 Jajanan Kaki Lima Terburuk di Asia Tenggara, Ada dari Indonesia

Foto/TasteAtlas

Khanom tom adalah makanan penutup tradisional Thailand yang terdiri dari pangsit tepung beras yang direbus, dilapisi dengan kelapa parut, dan diisi dengan isian kelapa parut yang dilelehkan bersama gula palem dan santan. Isian kelapa biasanya diberi wangi bunga dengan menggunakan lilin wangi.

Sedangkan daun pandan atau ekstrak kacang sering ditambahkan ke dalam adonan untuk memberi warna, wangi, dan rasa. Bola-bola tepung beras kelapa yang lembut dan beraroma ini tersedia di pasar-pasar di seluruh Asia Tenggara, namun juga biasa dijual di warung pinggir jalan.

10. Mamuang Nam Pla Wan - Thailand

10 Jajanan Kaki Lima Terburuk di Asia Tenggara, Ada dari Indonesia

Foto/TasteAtlas

Mamuang nam pla wan adalah hidangan tradisional Thailand. Terdiri dari mangga hijau mentah dan saus lengket, manis, dan gurih yang disebut nam pla wan. Saus celupnya terbuat dari kombinasi kecap ikan, gula jawa, bawang merah, cabai, terasi, dan udang kering.

Saus ini dapat dibeli di sebagian besar toko dan pasar di Bangkok. Meski versi ini disajikan dengan irisan mangga mentah, ada juga versi dengan buah serupa seperti stroberi dan apel hijau asam. Camilan ini sangat populer di musim panas, karena dapat dibeli di banyak kios pinggir jalan.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)