Kaldu Ayam Bisa Bikin Anak Jadi Tinggi, Mitos Atau Fakta?

Sabtu, 08 Juni 2024 - 21:00 WIB
loading...
Kaldu Ayam Bisa Bikin Anak Jadi Tinggi, Mitos Atau Fakta?
Kaldu ayam sering disebut-sebut sebagai makanan yang dapat membantu anak tumbuh lebih tinggi. Keyakinan ini didasarkan bahwa kaldu ayam kaya akan protein. Foto/The Spruce Eats
A A A
JAKARTA - Kaldu ayam sering disebut-sebut sebagai makanan yang dapat membantu anak tumbuh lebih tinggi. Keyakinan ini didasarkan pada anggapan bahwa kaldu ayam kaya akan protein dan zat lain yang penting untuk pertumbuhan tulang.

Kaldu ayam, terutama yang dibuat dari tulang ayam, kaya akan berbagai nutrisi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak . Beberapa kandungan penting dalam kaldu ayam meliputi protein yang esensial untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Protein adalah komponen utama otot dan tulang, yang berarti konsumsi cukup protein sangat penting untuk pertumbuhan tinggi badan. Kaldu tulang ayam mengandung kolagen dan gelatin yang berasal dari jaringan ikat dan tulang rawan.

Kolagen membantu menjaga kesehatan kulit, tulang, dan sendi. Gelatin, yang terbentuk saat kolagen dimasak, dapat meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan, yang pada gilirannya membantu penyerapan nutrisi lebih baik.



Di sisi lain, asam amino seperti prolin, glisin, dan glutamin ditemukan dalam kaldu tulang. Asam amino ini berperan dalam sintesis protein, perbaikan jaringan, dan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, kaldu ayam mengandung mineral penting seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium. Kalsium dan fosfor adalah komponen utama tulang, sementara magnesium dan kalium mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan.

Kalsium dan fosfor dalam kaldu ayam sangat penting untuk perkembangan tulang yang sehat. Konsumsi kaldu ayam secara teratur dapat membantu memastikan anak mendapatkan asupan mineral yang cukup untuk pertumbuhan tulang.

"Kita nggak sadar nih ternyata kaldu ayam selama ini tinggi kadar kalsiumnya yaitu sebanyak 314,25 mg/kg," kata Mikayla Thwayya selaku ahli gizi dikutip dari akun Instagram pribadinya, @mikaylathwayya, Sabtu (8/6/2024).

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)
pixels