Saatnya Membuat Ayam Hainan untuk Makan Siang Bareng Keluarga

Rabu, 17 April 2019 - 03:20 WIB
Saatnya Membuat Ayam Hainan untuk Makan Siang Bareng Keluarga
Saatnya Membuat Ayam Hainan untuk Makan Siang Bareng Keluarga
A A A
JAKARTA - Ayam merupakan bahan makanan yang mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan nikmat dan menggugah selera. Salah satunya ayam hainan.Ayam hainan merupakan masakan Tionghoa yang disajikan dengan cara direbus dalam kaldu tulang ayam. Di sejumlah tempat, sajian ini sering dihidangkan beserta saus dan bumbu, termasuk saus cabai dan serbuk jahe.
Tertarik mencobanya? Yuk buat untuk makan siang bersama keluarga di hari libur hari ini. Berikut resep dan cara membuat ayam hainan sebagaimana mengutip dari akun Instagram @berbagiresep.

Bahan-bahan:
1 kg paha ayam, potong 16 bagian
2 btg daun bawang, iris
5 siung bawang putih, iris tipis, goreng lalu remas
2 siung bawang putih, cincang kasar
1 ruas jahe, iris
Garam
Merica
Kaldu jamur
Gula pasir
Kecap asin
Minyak wijen
Air es

Cara membuatnya:
1. Cuci bersih ayam dan beri perasan jeruk nipis. Sisihkan. Tumis bawang putih cincang dan jahe hingga harum, lalu masukkan ayam. Aduk rata sampai berubah warna, beri air secukupnya untuk kuah. Beri garam, merica, gula, kaldu jamur. Biarkan mendidih, angkat ayamnya. Masukkan ke air es, diamkan 5 menit. Angkat. Masukkan lagi ke kuah dan masak lagi sampai matang.

2. Angkat ayam lalu masukkan lagi ke air es. Diamkan lagi 5 menit. Sementara itu masukkan irisan daun bawang ke kuah. Masak hingga mendidih, matikan api. Ambil ayam, tata di piring, siram dengan campuran kecap asin, minyak wijen secara merata. Taburi bawang putih goreng yang sudah diremas dan beri daun bawang. Angkat. Ayam hainan siap dihidangkan.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6527 seconds (0.1#10.140)