6 Herbal yang Bisa Membersihkan Paru-paru secara Alami

Rabu, 19 Juni 2024 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Menambahkan jahe ke dalam makanan Anda, baik dalam bentuk segar, sebagai teh, atau dalam formula herbal, dapat mendukung pembersihan paru-paru dan meningkatkan fungsi pernapasan.



4. Akar Licorice (Mulethi)


Akar licorice, yang dikenal sebagai Yashtimadhu dalam Ayurveda, telah digunakan selama berabad-abad untuk meringankan penyakit pernafasan. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa yang ada dalam akar licorice memiliki sifat ekspektoran yang memfasilitasi pengeluaran lendir dari saluran pernapasan.

Akar licorice menunjukkan efek anti-inflamasi, sebagaimana dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, sehingga bermanfaat untuk kondisi seperti bronkitis dan sakit tenggorokan. Memasukkan teh atau suplemen akar licorice ke dalam rutinitas harian dapat membantu membersihkan paru-paru dan meredakan ketidaknyamanan pernapasan.

5. Kunyit


Kunyit, yang dipuji karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya yang kuat, adalah herbal lain yang mendukung kesehatan paru-paru.
Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit, telah dipelajari secara ekstensif untuk mengetahui efek terapeutiknya pada kondisi pernapasan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu meringankan gejala asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya dengan mengurangi peradangan saluran napas dan stres oksidatif. Memasukkan kunyit ke dalam makanan atau mengonsumsinya sebagai suplemen dapat membantu menjaga paru-paru tetap bersih dan sehat.

6. Pippali (Lada Panjang)


Pippali, atau cabai panjang, adalah ramuan yang kurang dikenal di Barat tetapi sangat dihargai dalam Ayurveda karena manfaatnya bagi pernafasan. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa bioaktif yang ada dalam pippali menunjukkan efek bronkodilator, yang membantu merelaksasi saluran udara dan meningkatkan kapasitas pernapasan.

Pippali memiliki sifat ekspektoran, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan hidung tersumbat. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menyoroti potensi pippali dalam menangani kondisi pernafasan seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (COPD). Memasukkan bubuk atau suplemen pippali ke dalam rutinitas kesehatan dapat berkontribusi pada paru-paru yang lebih bersih dan fungsi pernapasan yang lebih baik.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)