alexametrics

Waspada! Saat Mudik, Emak-emak Mudah Terserang Rasa Lelah

loading...
Waspada! Saat Mudik, Emak-emak Mudah Terserang Rasa Lelah
Saat mudik, emak-emak paling mudah rerserang rasa lelah. Ini karena mereka yang biasa bergerak, terlalu lama duduk di dalam kendaraan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Saat perjalanan mudik, bukan saja pengemudi, para penumpang juga banyak yang merasakan pegal dan lelah, termasuk para ibu atau emak-emak.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, Dr. Angelica Anggunadi, Sp.KO mengatakan para pengemudi dan penumpang merasakan badan lelah dan pegal saat mudik karena berada di dalam mobil terlalu lama dan membuat tubuh berada dalam posisi yang cenderung statis dan memiliki risiko mengalami kekurangan cairan.

Saat posisi yang cenderung statis atau duduk terlalu lama, hal ini membuat aliran darah di tubuh, terutama kaki, menjadi kurang lancar dan membuat tubuh menjadi kaku.



Sebelum dimulainya perjalanan mudik, biasanya kaum ibu mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa. Pada saat persiapan inilah mereka banyak bergerak dan mengangkat barang-barang bawaannya.

"Selama perjalanan mudik pun, para ibu biasanya disibukkan dengan berbagai kegiatan mengurus semua kebutuhan keluarga dan menjaga anak agar tetap nyaman," kata Dr. Angelica Anggunadi, Sp.KO. (Baca juga: 11 Tips Menghindari Terkena Penyakit Saat Mudik Lebaran).

Selain itu, karena faktor hormonal dan faktor budaya atau perilaku, maka secara umum perempuan biasanya memiliki kekuatan otot yang lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki. Faktor hormonal yang dimaksud adalah tingginya hormon testosteron pada laki-laki yang punya peranan penting dalam mendukung pembentukan massa otot. Sedangkan dalam hal budaya atau perilaku, perempuan umumnya tidak memiliki kebiasaan untuk melakukan latihan kekuatan otot.

"Semua kesibukan dan faktor kelemahan otot ini menyebabkan kaum ibu jadi lebih mudah mengalami kelelahan otot dan rasa pegal," tandasnya.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak