6 Tanda Overwork yang Tidak Boleh Diabaikan, saatnya Rehat dan Liburan

Jum'at, 12 Juli 2024 - 23:55 WIB
loading...
A A A
Seperti kelelahan kronis yang pada akhirnya menyulut timbulnya penyakit baru. Jika pada waktu yang bersamaan relatif banyak pegawai yang menderita keluhan kesehatan, hal tersebut perlu dievaluasi apakah ada kelebihan beban kerja pada pegawai.



4. Meningkatnya Konflik di Lingkungan Kerja


Merebaknya konflik dalam lingkungan kerja bisa menjadi tanda bahwa terdapat kelebihan beban kerja pada pegawai. Beban kerja berlebih membuat energi seseorang terkuras, kesehatan berkurang, kelelahan, bahkan berkurangnya kualitas hubungan antar pegawai.

Kondisi tersebut pada akhirnya akan menyulut timbulnya konflik hubungan antar pegawai. Di sisi lain, timbul pula konflik tugas, karena pegawai dituntut untuk menyelesaikan tugas dalam waktu yang bersamaan.

5. Penurunan Kreativitas


Berpikir kreatif membutuhkan kondisi lingkungan kerja yang tenang, adanya waktu luang dan energi yang mencukupi. Pegawai dengan kelebihan beban kerja cenderung menjadi kurang kreatif karena tidak adanya waktu luang untuk memikirkan sesuatu.

Maka kelebihan beban kerja cenderung menyebabkan penurunan tingkat kreativitas dan inovasi pada pegawai. Bahkan solusi kreatif dari pegawai tidak akan muncul ketika mereka menghadapi permasalahan tentang pekerjaan.

6. Menurunnya Motivasi Kerja


Adanya beban kerja yang berlebih cenderung menurunkan motivasi pegawai. Tugas-tugas yang menumpuk dengan waktu yang terbatas berdampak pada kejenuhan kerja pegawai. Akibatnya, pegawai menyelesaikan pekerjaan hanya karena adanya kewajiban yang harus dikerjakan, bukan karena keinginan kuat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Mereka tidak menganggap bahwa pekerjaan tersebut bernilai dan pantas diperjuangkan melainkan karena telah mendapatkan gaji dari tempatnya bekerja.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)