alexametrics

Teori Avengers 5: Kang the Conqueror Bakal Jadi Musuh Utama?

loading...
Teori Avengers 5: Kang the Conqueror Bakal Jadi Musuh Utama?
Kang the Conqueror kemungkinan akan menjadi musuh utama pahlawan Marvel Cinematic Universe di Phase 4 setelah perjalanan menembus waktu di Avengers: Endgame. (IGN)
A+ A-
Peringatan: Tulisan ini mengandung SPOILER/BOCORAN untuk film Spider-Man: Far From Home. Jika Anda tidak mau mengetahui lebih lanjut tentang apa yang terjadi di film itu sebelum Anda nonton filmnya, lebih baik jangan teruskan membaca artikel ini. Anda sudah diperingatkan.

Setelah Avengers: Endgame tayang di bioskop, banyak pertanyaan besar muncul tentang apa yang akan terjadi di Marvel Cinematic Universe (MCU). Endgame berakhir dengan kematian Tony Stark dan Black Widow, sementara Steve Rogers memilih pensiun sebagai Captain America. Selain itu, lenyapnya Thanos juga membuka pertanyaan tentang siapakah musuh besar yang akan dihadapi pahlawan Marvel di waktu yang akan datang.

Avengers: Endgame tidak mengakhiri Phase 3 MCU, tapi Spider-Man: Far From Home-lah yang menjadi pemungkasnya. Di film ini memang tidak disebutkan atau disinggung siapakah yang akan dihadapi para Avengers masa depan. Namun, di adegan pascakredit, terlihat Nick Fury sedang berada di kapal ruang angkasa bersama para Skrull. Sebelumnya, sudah ada indikasi bahwa Phase 4 MCU yang akan dimulai tahun depan akan menampilkan lebih banyak cerita kosmik dari Marvel.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa musuh baru yang akan mereka hadapi bersama tidak berasal dari antariksa. Musuh itu bisa jadi berasal dari dunia kuantum yang dijelajahi para Avengers di Endgame. Sosok dari dunia kuantum yang bisa menjadi musuh besar para Avengers ini adalah Kang the Conqueror.



Sebetulnya, jika melihat pondasi cerita Phase 4 dari adegan pascakredit di Spider-Man: Far From Home, maka musuh para Avengers di masa depan itu bisa jadi Galactus atau Annihilus yang memang berbasis di antariksa. Namun, teori dari Screen Rant menyebut, petunjuk dari Avengers: Endgame menyakinkan mereka bahwa Kang the Conqueror-lah yang akan tampil sebagai musuh utama di Phase 4 MCU. Apalagi, hak lisensi Kang yang sebelumnya ada di Fox sudah kembali ke Marvel Studios sejak akusisi Fox oleh Disney rampung awal tahun ini.

1. Penjelasan tentang Kang the Conqueror
Teori Avengers 5: Kang the Conqueror Bakal Jadi Musuh Utama?

Di penampilan perdana Kang the Conqueror di Marvel Comics, dia tidak disebut Kang. Debut di Fantastic Four #19, dia bernama Rama-Tut, tapi dia bernama asli Nathaniel Richards—kemungkinan dia adalah keturunan Reed Richards. Dia kemudian melakukan perjalanan waktu ke zaman Mesir Kuno, menjadi Firaun dan menarik Apocalypse sebagai pewarisnya. Setahun kemudian di The Avengers #8, dia secara resmi dikenal sebagai Kang the Conqueror. Dia bertempur dengan salah satu line up Avengers yang terdiri atas Thor, Wasp dan Spider-Man—semua pahlawan yang akan masuk Phase 4 MCU. Namun, setelah itu, memiliki banyak identitas adalah ciri Kang.

Identitas lain karakter ini termasuk Immortus, versi masa depan Kang yang tinggal di Limbo dan Iron Lad, yang awalnya adalah bagian dari tim Avengers Muda. Ada juga Victor Timely, wali kota sebuah kota kecil yang didirikan Kang sebagai tempat untuk menenangkan diri. Alasan memiliki banyak alter ego adalah karena Kang the Conqueror adalah seorang penjelajah waktu dan bersama versi ini masih ada banyak duplikasi Kang, yang dengan tiap perjalanan menembus waktu menciptakan satu alter ego baru.

Meskipun Nathaniel tidak punya superpower tertentu, dia adalah seorang jenius yang punya spesialisasi dalam perjalanan menembus waktu dan punya kapal waktu yang membuatnya bisa mengunjungi abad apa pun, dimana dia bisa mengumpulkan berbagai senjata yang membuatnya bisa meningkatkan kemampuan, dengan menggunakan teknologi yang sangat maju yang tidak bisa diakses atau disamai orang lain. Dia juga bisa merekrut pasukan berbeda, yang membuatnya bisa menakhlukkan periode wwaktu berbeda dan membuatnya bisa melawan para superhero. Kombinasi kemampuan ini membuatnya menjadi pilihan pas untuk menjadi musuh di Avengers 5.

2. Avengers: Endgame menciptakan multiverse
Teori Avengers 5: Kang the Conqueror Bakal Jadi Musuh Utama?

Avengers: Endgame akhirnya memperkenalkan penjelajahan waktu yang utuh ke MCU. Meskipun hal ini sudah diperlihatkan di Doctor Strange dan Batu Waktu, ada yang lebih penting din sini dan dengan menggunakan Dunia Kuantum, film ini membuat sebuah cara menembus waktu tanpa menggunakan Batu Keabadian. Namun, bersamaan dengan menciptakan bentuk baru penjelajahan waktu ini, itu juga berarti membuat lini masa yang banyak.

Seperti yang dijelaskan Ancient One di Avengers: Endgame, tiap kali Avengers mengambil Batu Waktu dari tempatnya di lini masa tertentu, satu cabang realitas baru tercipta. Secara teori, ini ditutup oleh Captain America yang mengembalikan Batu-Batu itu ke lini masanya, tapi ini tidak sesimpel itu. Di Endgame, Loki mengambil Tesseract dan menghilang, sementara Cap memutuskan untuk tinggal di masa lalu realitas lain yang meninggalkan dua cabang lini masa di film itu. Selain itu, Thanos dari 2014 melakukan lompatan waktu ke 2023 dan kemungkinan ada tiga—atau lebih—lini masa yang tercipta di Avengers: Endgame yang ada di MCU. (Baca Juga: Dunia Kuantum Akan Membentuk Masa Depan Semesta Film Marvel)

Itu di puncak dimensi berbeda yang sudah dibangun Doctor Strange (dengan Dimensi Gelap) dan Ant-Man (Dunia Kuantum), yang artinya, bagaimana pun Spider-Man: Far From Home memperlakukannya, multiverse sudah ada di MCU, yang artinya ada ruang lingkup bagi penjahat seperti Kang the Conqueror untuk mengeksploitasi hal itu dan muncul di Avengers 5.

3. Bagaimana Kang masuk Phase 4 MCU
Teori Avengers 5: Kang the Conqueror Bakal Jadi Musuh Utama?

Dengan perjalanan menembus waktu dan lini masa yang banyak sekarang ada di MCU, maka peluang bagi Kang the Conqueror tampil di Phase 4 terbuka lebar, karena kedua elemen yang membuatnya muncul sudah ada. Mengikuti dari apa yang dilakukan terhadap Thanos dan Batu Keabadian, Marvel sepertinya tidak akan menyebut penjahat mereka secara langsung, tapi karena mereka sudah punya segalanya untuk memperkenalkan Kang, maka masuk akal kalau dia akan menjadi antagonis berikutnya di MCU.

Phase 4 akan berada di antara pasukan kosmik MCU—The Eternals, Guardians of the Galaxy 3 dan Doctor Strange 2—dan mengisahkan cerita yang lebih kecil—Black Widow, Shang-Chi dan Spider-Man 3. Di Kang the Conqueror, Marvel akan mendapatkan penjahat yang bisa masuk keduanya: sebagai penjelajah waktu, dia pas untuk masuk ke bagian pertama, tapi karena dia juga berasal dari Bumi, tanpa superpower, dia pun bisa masuk yang kedua.

The Eternals adalah prekuel kosmik MCU. Jadi, akan ada peluang bagi mereka nanti untuk mengembangkan ide tentang perjalanan menembus waktu dan dimensi berbeda dan demikian juga dengan Doctor Strange 2. Loki — serial Disney+ — adalah cara lain bagi Phase 4 untuk secara tidak langsung menyenggol Kang. Melihat serial MCU yang direncanakan di Disney+, semuanya punya tujuan. Falcon & Winter Soldier adalah tentang mengembangkan Captain America baru. Hawkeye akan membentuk Avengers Muda. Loki jelas terpisah dari itu karena dia sendirian, tapi bos Marvel Studios Kevin Feige sudah menjanjikan show ini akan punya dampak terhadap MCU. Karena Loki akan berada di lini masa berbeda, kemudian dengan menggunakan ini sebagai salah satu pilar membangun Kang bisa memberinya tempat. Selain itu, Kang juga punya kaitan dengan Fantastic Four. Dengan selesainya akuisisi Fox oleh Disney, maka dia pun bisa tampil di sini, meskipun kelompok ini belum akan tampil di MCU dalam waktu dekat.

Belum jelas bagaimana Avengers pasca-Endgame akan membentuk Phase 4, tapi Avengers 5 jelas akan dibuat. Film ini akan berusaha menyatukan sekelompok pahlawan berbeda dan dengan Kang sebagai penjahatnya, dia bisa mengaitkan Phase 4 dan Avengers 5 ke Endgame. Kalau dia memang muncul di Avengers 5, maka itu akan mengaitkan semuanya. Yang paling penting, dia akan menjadi ancaman baru yang harus dihadapi Avenger dan dia adalah ancaman yang berbeda dari Thanos.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak