15 Ciri-ciri Penyakit Diabetes pada Wanita, Termasuk Ketiak Hitam

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 09:00 WIB
loading...
A A A

5. Penglihatan Kabur


Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan perubahan cairan dalam lensa mata, yang mengakibatkan penglihatan kabur. Jika tidak segera diobati, hal ini bisa berlanjut menjadi komplikasi mata yang lebih serius, seperti retinopati diabetik.



6. Luka yang Lambat Sembuh


Wanita dengan diabetes memperhatikan luka atau goresan pada kulit mereka sembuh lebih lambat dari biasanya. Ini disebabkan oleh gangguan pada aliran darah dan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri akibat tingginya kadar gula dalam darah.

7. Infeksi Jamur yang Sering


Diabetes membuat kadar gula dalam tubuh meningkat, yang juga dapat menyebabkan peningkatan gula dalam urine. Hal ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi jamur untuk tumbuh, sehingga wanita dengan diabetes lebih rentan mengalami infeksi jamur pada kulit, mulut (kandidiasis oral), atau area genital.

8. Infeksi Saluran Kemih (ISK)


Wanita dengan diabetes lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Ini karena tingginya kadar gula dalam urine dapat menjadi media yang baik untuk pertumbuhan bakteri, serta penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh.

9. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)


Wanita dengan PCOS sering kali memiliki resistensi insulin, yang dapat meningkatkan risiko berkembangnya diabetes tipe 2. Ciri-ciri PCOS termasuk siklus menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut yang berlebihan, dan kesulitan untuk hamil.

10. Kesemutan dan Mati Rasa pada Tangan atau Kaki (Neuropati Diabetik)


Tingginya kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat merusak saraf, terutama di tangan dan kaki. Wanita dengan diabetes mengalami kesemutan, mati rasa, atau rasa sakit pada ekstremitas, kondisi ini dikenal sebagai neuropati diabetik.



11. Kenaikan Berat Badan atau Obesitas


Pada beberapa wanita, terutama yang memiliki diabetes tipe 2, kenaikan berat badan atau obesitas dapat menjadi tanda awal. Kondisi ini sering berkaitan dengan resistensi insulin, di mana tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif, menyebabkan peningkatan berat badan.

12. Masalah Kulit


Acanthosis nigricans, yang ditandai dengan penggelapan kulit pada lipatan tubuh seperti leher, ketiak, dan selangkangan, dapat menjadi tanda resistensi insulin dan diabetes pada wanita. Selain itu, kulit kering dan gatal juga sering ditemukan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)