Sejarah Konspirasi Kematian Putri Diana, Ada Keterlibatan Intelijen Inggris?

Senin, 26 Agustus 2024 - 19:41 WIB
loading...
Sejarah Konspirasi Kematian...
Sejarah konspirasi kematian Putri Diana pada 31 Agustus 1997 begitu beragam, meski masih menjadi misteri. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Sejarah konspirasi kematian Putri Diana pada 31 Agustus 1997 begitu beragam dengan versi yang saling menguatkan, meski hingga saat ini masih menjadi misteri.

Investigasi resmi di Inggris dan Prancis menemukan bahwa Putri Diana meninggal dengan cara yang sesuai dengan laporan media setelah kecelakaan mobil yang fatal di Paris, Prancis.


Sejarah Konspirasi Kematian Putri Diana

Pada 1999, investigasi Prancis menyimpulkan bahwa Putri Diana meninggal akibat kecelakaan. Penyidik Prancis, Hakim Hervé Stephan menyimpulkan bahwa paparazzi berada agak jauh dari Mercedes S280 saat kecelakaan dan tidak bertanggung jawab atas kematian tersebut.

Setelah mendengarkan bukti penyelidikan Inggris, hakim memutuskan pada 2008 "pembunuhan di luar hukum" oleh pengemudi Henri Paul dan paparazzi yang mengejar mobil tersebut.

"Selain itu, kematian mendiang disebabkan atau disumbangkan oleh fakta bahwa mendiang tidak mengenakan sabuk pengaman dan oleh fakta bahwa Mercedes menabrak pilar di terowongan Pont de l'Alma, alih-alih bertabrakan dengan sesuatu yang lain.

Yang aktif membantah versi resmi kejadian tersebut adalah surat kabar tabloid Inggris, Daily Express dan pengusaha Mesir, Mohamed Al-Fayed, yang putranya, Dodi adalah rekan Putri Diana saat itu dan juga tewas dalam kecelakaan tersebut.

Pada 2003, kepala pelayan Diana, Paul Burrell menerbitkan sebuah catatan yang dia klaim telah ditulis oleh Diana pada 1993, yang di dalamnya terdapat tuduhan bahwa suaminya "merencanakan 'kecelakaan' di mobil [Diana], rem blong, dan cedera kepala serius" sehingga dia dapat menikah lagi.

Dia diduga telah mengungkapkan kekhawatiran serupa pada Oktober 1995 kepada Lord Mishcon, pengacaranya bahwa "sumber terpercaya" telah memberitahunya "bahwa dia dan Camilla akan dikesampingkan" agar Charles menikahi Tiggy Legge-Bourke. Hingga 2002, Gereja Anglikan melarang orang yang bercerai untuk menikah lagi.

Sebuah tim investigasi khusus Kepolisian Metropolitan dibentuk pada 2004, Operasi Paget, yang dipimpin oleh Komisaris John Stevens untuk menyelidiki berbagai teori konspirasi yang mengarah pada penyelidikan Inggris. Investigasi ini menyelidiki 175 klaim konspirasi yang telah dibuat oleh Fayed. Pada 2005, Charles, sebagai saksi mengatakan kepada Stevens bahwa dia tidak tahu tentang catatan mantan istrinya dari 1995 dan tidak dapat memahami mengapa dia memiliki perasaan tersebut.

Fayed terus-menerus mengemukakan apa yang dianggap sebagai teori konspirasi dalam penyelidikan dan berulang kali mengklaim bahwa dia yakin anaknya dibunuh bersama Diana.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)