alexametrics

8 Bahan Rumahan yang Bisa Membantu Redakan Sakit Saat Menstruasi

loading...
8 Bahan Rumahan yang Bisa Membantu Redakan Sakit Saat Menstruasi
Sakit menstruasi mempengaruhi setiap wanita secara berbeda. Ada yang mengalami masa menstruasi yang menyakitkan, tapi ada juga yang tidak sakit sama sekali. (Bustle)
A+ A-
JAKARTA - Hampir setiap wanita dalam hidupnya pernah mengalami kram perut akibat menstruasi. Dikenal sebagai dysmenorrhea, sakit saat menstruasi ini bisa menjengkelkan dan menyakitkan. Wanita biasanya akan lebih merasakan sakit di perut mereka akibat menstruasi ini pada hari-hari pertama haid.

Rasa sakit saat menstruasi menyebabkan sakit pada bagian perut bawah. Ini juga bisa menyebar ke bagian punggung bawah dan paha bagian atas. Sakit saat menstruasi mempengaruhi setiap wanita secara berbeda. Ada yang mengalami masa menstruasi yang sangat menyakitkan, tapi ada juga yang tidak merasakan sakit sama sekali.

Rasa sakit saat menstruasi ini disebabkan karena kontraksi uterus ketika tidak ada sperma yang membuahi sel telur dan menyebabkan lapisan di dalamnya luruh dan keluar melalui dinding uterus. Prostaglandins, yang mirip hormon, memicu proses ini sehingga menyebabkan kontraksi dan kram otot. Ketika uterus kram, aliran darah keluar melalui vagina.



Banyak cara yang biasa dilakukan wanita untuk meredakan sakit saat menstruasi. Cara paling cepat adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, seperti dikutip dari TNN, ada sejumlah bahan rumahan yang bisa dipakai untuk meredakan sakit saat menstruasi tanpa melibatkan obat-obatan kimia.

1. Biji Adas

Biji adas membantu mengurangi penyimpanan air dan kembung di perut. Biji ini juga membantu memulihkan keseimbangan hormon wanita. Bahan ini harus dikonsumi 3—4 kali sehari begitu menstruasi terjadi.

2. Kayu Manis

Kayu manis membantu meredakan kram karena kandungan antiperadangannya. Bahan ini juga membantu proses pencernaan. Kayu manis juga mengurangi pendarahan dan rasa mual berlebihan. Tambahkan kayu manis dalam makanan atau air dan minum 3—4 kali sehari.

3. Jahe

Jahe banyak membantu saat sakit mensturasi melanda. Bahan ini mengurangi level prostaglandins, zat mirip hormon ini terkait dengan kram menstruasi yang lebih berat. Jahe juga membantu mereka yang mengeluhkan menstruasi yang tidak teratur. Parut jahe dan tambahkan ke air panas, kemudian minum dua kali sehari.

4. Teh Chamomile
Teh chamomile punya kandungan antiperadangan dan membantu meredakan kejang otot. Minum teh jenis ini bisa membantu meredakan gejala sakit menstruasi.

5. Pisang

Pisang kaya vitamin yang membuatnya bisa membantu mengurangi kembung dan rasa sakit. Pisang bisa dimakan dua kali sehari untuk meredakan rasa sakit ini.

6. Bayam
Bayam tidak hanya meredakan sakit tapi juga sumber yang baik untuk kalsium. Tambahkan bayam dalam salad atau sandwich Anda.

7. Olahraga
Olahraga bisa membantu memulihkan rasa sakit akibat menstruasi. Berolahraga ringan selama sekitar 30 menit bisa meredakan sakit dan membantu memperbaiki mood swing.

8. Panas

Gunakan pad panas atau botol air panas dan tempelkan ke perut. Ini bisa membantu merilekskan otot. Mandi air panas juga bisa meredakan rasa sakit akibat menstruasi.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak