Empat Peneliti Terpilih sebagai Pemenang NRC Grant 2019

Sabtu, 02 November 2019 - 03:30 WIB
Empat Peneliti Terpilih sebagai Pemenang NRC Grant 2019
Empat Peneliti Terpilih sebagai Pemenang NRC Grant 2019
A A A
JAKARTA - Nutrifood kembali mengadakan Awarding Nutrifood Research Center (NRC) Grant 2019. Penghargaan ini merupakan ajang pemberian dukungan dana penelitian sekaligus pendampingan bagi para peneliti, dosen, dan mahasiswa Indonesia dengan ide penelitian inovatif terkait alternatif makanan dan minuman yang lebih sehat dengan membatasi kandungan gula, garam dan lemak.

"Ini sebagai wujud komitmen kami untuk terus merangkul para peneliti terbaik Indonesia untuk turut berkontribusi dalam menginspirasi masyarakat Indonesia hidup sehat melalui pengaturan asupan gula, garam dan lemak," kata Manager of Nutrifood Research Center, Felicia Kartawidjaja saat Awarding NCR Grant 2019 di Ashley Hotel Jakarta, Kamis (31/10).

Felicia menuturkan bahwa dalam Riset Kesehatan Dasar 2018 dari Kementerian Kesehatan RI menunjukkan prevalensi Penyakit Tidak Menular mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan Riskesdas 2013, termasuk di antaranya stroke, diabetes melitus, dan hipertensi.

"Prevalensi stroke naik dari 7% menjadi 10,9%, diabetes melitus naik dari 6,9% menjadi 8,5% dan hasil pengukuran tekanan darah, hipertensi naik dari 25,8% menjadi 34,1%. Kenaikan prevalensi penyakit tidak menular ini salah satunya dikarenakan gaya hidup tidak sehat, termasuk konsumsi gula, garam dan lemak yang berlebih," paparnya.

Sementara itu, dari ratusan proposal penelitian yang diterima NRC Grant 2019 menunjukkan bahwa di Indonesia banyak peneliti dengan ide inovatif untuk menciptakan terobosan bagi masyarakat di bidang kesehatan, khususnya terkait pangan yang dibatasi kandungan gula, garam dan lemaknya. Ratusan proposal itu pun diseleksi Nutrifood Research Center hingga akhirnya terpilih sembilan finalis NRC Grant 2019.

"Para finalis mengikuti tahap akhir seleksi berupa presentasi di hadapan tiga orang juri ahli pangan Indonesia yaitu Prof. Dr. Antonius Suwanto, Prof. Dr. Made Astawan, dan Prof. Dr. Maggy T. Suhartono, hingga akhirnya terpilih empat penelitian yang berhasil menjadi pemenang NRC Grant 2019 sekaligus didanai proposal penelitiannya," terangnya.

Keempat peneliti terpilih, antara lain Fransisca Shinta Maharani dari STIKES Panti Rapih Yogyakarta, Falvocha Alifsmara Jeolyna dari Universitas Diponegoro Semarang, Azkia Rachmah dari Universitas Sebelas Maret Solo, serta I Wayan Karta dari Poltekkes Kemenkes Denpasar. Mereka pun tampil sebagai pemenang karena kebaruan ide (novelty), kesesuaian dengan topik (relevance), serta kemampuan penyampaian yang padat, jelas dan berbobot dalam proposal maupun presentasi (conciseness).

"Kami sangat tertarik dengan topik penelitian para pemenang NRC Grant 2019, karena tidak hanya inovatif dan fungsional, namun bahan-bahannya dekat dan mudah ditemukan di keseharian masyarakat Indonesia. Selama setahun kedepan, para peneliti akan melakukan penelitian dengan pendampingan dari tim NRC. Harapannya, penelitiannya dapat berbuah hasil yang baik dan menjadi terobosan terbaru bagi dunia pangan Indonesia," tutup Felicia.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7422 seconds (0.1#10.140)