Jangan Sepelekan Mendengkur, Tanda Gejala Penyakit yang Bisa Mengancam Jiwa

Rabu, 18 September 2024 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Satu studi tentang tidur menemukan bahwa intensitas mendengkur berhubungan dengan risiko aterosklerosis karotis, yaitu penyempitan arteri di leher akibat timbunan lemak. Hal ini pada akhirnya dapat mengakibatkan stroke.

Sementara, sleep apnea dikaitkan dengan masalah kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit arteri koroner, yang pada akhirnya menyebabkan kemungkinan serangan jantung.

Aritmia
Orang dengan mendengkur atau sleep apnea jangka panjang berisiko mengalami irama jantung yang tidak teratur atau aritmia.

Orang yang mengalami sleep apnea juga dapat mengalami GERD karena cara tenggorokan mereka menutup saat udara bergerak masuk dan keluar selama tidur. Hal ini menyebabkan perubahan tekanan yang dapat menyedot isi lambung mereka kembali ke kerongkongan. GERD dan sleep apnea berhubungan dengan kelebihan berat badan.

Sleep apnea juga dapat memengaruhi kesehatan mental, yang dapat menyebabkan masalah seperti rewel karena kurang tidur dan bahkan depresi serius.

Komplikasi janin
Mendengkur selama trimester terakhir kehamilan biasanya disebabkan oleh penambahan berat badan, tetapi bisa juga merupakan tanda komplikasi janin. Wanita yang mendengkur keras selama kehamilan harus berkonsultasi dengan dokter keluarga atau dokter kandungan.

Mengatasi mendengkur

Dalam beberapa kasus, mendengkur diobati dengan pembedahan untuk mengecilkan atau membuang jaringan berlebih atau memperbaiki masalah struktural. Banyak dari prosedur ini yang minimal invasif.



1. Perawatan nonbedah
Ada perawatan nonbedah yang dapat memperbaiki postur tubuh Anda atau membuka saluran udara saat Anda tidur.

2. Perubahan gaya hidup
Perubahan gaya hidup, seperti menghindari alkohol sebelum tidur, mengubah posisi tidur, dan menjaga berat badan yang sehat, dapat mengurangi dengkuran.

3. Obat-obatan
Obat flu dan alergi dapat melegakan hidung tersumbat dan membantu Anda bernapas dengan bebas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)