Sakit di Bagian Tumit Gejala Apa? Tak Melulu Asam Urat

Kamis, 19 September 2024 - 11:40 WIB
loading...
A A A
Taji tumit terbentuk karena tekanan yang berlebihan pada otot dan ligamen di kaki, yang mengakibatkan penumpukan kalsium di bagian tumit. Gejala yang ditimbulkan termasuk rasa nyeri yang tajam saat bangun tidur atau setelah berjalan lama.

4. Bursitis


Di sekitar sendi tubuh, termasuk tumit, terdapat kantung kecil berisi cairan yang dikenal sebagai bursa. Bursa ini berfungsi sebagai pelindung untuk mengurangi gesekan antara otot, tulang, dan tendon. Ketika bursa ini mengalami iritasi atau peradangan, kondisi ini disebut bursitis.

Gejala bursitis pada tumit meliputi pembengkakan, kemerahan, dan rasa nyeri yang semakin parah saat beraktivitas. Bursitis dapat terjadi akibat cedera, penggunaan tumit yang berlebihan, atau mengenakan sepatu yang tidak sesuai.



5. Fraktur Stress (Patah Tulang)


Fraktur stress terjadi akibat cedera yang berulang atau tekanan berlebihan pada tulang tumit. Meskipun fraktur ini biasanya kecil dan tidak menyebabkan kerusakan tulang besar, tetap saja rasa sakit yang ditimbulkan cukup signifikan.

Fraktur stress biasanya terjadi pada atlet yang melakukan aktivitas seperti berlari atau melompat secara berlebihan. Rasa nyeri pada fraktur stress seringkali terasa intens ketika melakukan aktivitas berat, tetapi berkurang dengan istirahat.

6. Artritis Rheumatoid


Artritis rheumatoid adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi, termasuk sendi di kaki dan tumit. Meskipun lebih umum terjadi pada bagian tubuh lain, seperti tangan dan lutut, tumit juga bisa terkena dampak dari kondisi ini.

Nyeri pada tumit akibat artritis rheumatoid biasanya disertai dengan gejala lain seperti kekakuan sendi, pembengkakan, dan rasa lelah. Kondisi ini biasanya mempengaruhi kedua kaki secara bersamaan.

7. Saraf Terjepit


Saraf yang terjepit di bagian tumit atau sekitar pergelangan kaki dapat menyebabkan rasa sakit yang menusuk atau seperti terbakar. Tarsal tunnel syndrome misalnya, adalah kondisi di mana saraf tibialis yang berada di dekat pergelangan kaki terjepit atau teriritasi, yang menyebabkan nyeri pada tumit.

Rasa sakit akibat saraf terjepit sering kali disertai dengan sensasi kesemutan atau mati rasa di kaki, dan bisa memburuk saat berjalan atau berdiri terlalu lama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)