TISA Dukung Penyandang Disabilitas Tingkatkan Produktivitas

Kamis, 27 Agustus 2020 - 21:01 WIB
loading...
TISA Dukung Penyandang Disabilitas Tingkatkan Produktivitas
TISA diharapkan dapat membantu dan menjawab kebutuhan informasi para penyandang disabilitas. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Memfasilitasi penyandang disabilitas dalam mengakses informasi mengenai ekosistem yang inklusif, Thisable Enterprise bersama Kata.ai dan PT Metrodata Electronics Tbk meluncurkan TISA. Melalui teknologi baru itu, penyandang disabilitas dapat meningkatkan produktivitas mereka.

(Baca juga: Jadi Model Majalah Marie Claire, Netizen Terpesona Lipstik Merah Jisoo BlackPink )

TISA atau chatbot TISA merupakan personal assistant yang memiliki kemampuan artificial intelligence. Chatbot --obrolan robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan- ini juga terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp dan didukung dengan teknologi kecerdasan artifisial untuk memberikan layanan yang mudah diakses dan pengalaman digital terbaik bagi rekan-rekan penyandang disabilitas .

TISA memiliki beberapa fitur informasi dan bantuan bagi para penyandang disabilitas yang menghubunginya seperti Customer Service, Learning Center, dan Collection Reminder. Para penyandangdisabilitas juga akan mendapatkan informasi seputar pekerjaan, pendaftaraan kerja, pelatihan, layanan pengaduan disabilitas, serta program-program Thisable lainnya.

Menurut CMO & Co-Founder Kata.ai, Reynir Fauzan, teknologi kecerdasan artifisial (AI) sering dianggap hadir untuk menggantikan pekerjaan manusia. Namun, melalui kolaborasi Kata.ai dengan Thisable dan MII, teknologi AI justru dapat membantu teman-teman yang berkebutuhan khusus dalam meningkatkan literasi digital dan juga produktivitas kerja mereka.

"Kami berharap inisiasi ini akan membawa dampak sosial maupun perekonomian yang baik untuk Indonesia, khususnya di era kenormalan baru ini," ujar Reynir Fauzan dalam peluncuran Chatbot TISA di Jakarta, baru-baru ini.

Pada saat yang sama, Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk, Susanto Djaja mengutarakan, sebagai bentuk kepedulian terhadap kesetaraan hidup penyandang disabilitas, Metrodata memberikan kontribusinya di dalam melakukan implementasi chatbot bernama TISA bersama ThisAble Enterprise dan Kata.ai. "Saat ini layanan Customer Service berbasis messenger sudah berfungsi untuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan para disabilitas yang hadir selama 24x7 jam," lanjutnya.

Pengembangan modul selanjutnya akan terus dilakukan Metrodata guna membantu penyandang disabilitas dalam meningkatkan kompetensi/keahliannya serta memperoleh pekerjaan. "Dan sebagai kelanjutannya aplikasi TISA ini akan dikembangkan pula untuk membantu memberikan notifikasi tagihan baik kepada penyandang disabilitas maupun kepada mitra pemberi kerja," kata Susanto.

(Baca juga: Di-PHK akibat Pandemi, Wahyudi Bangkit dan Bangun Al-Doughnut )

TISA merupakan chatbot pertama yang akan memberikan akses informasi kepadapenyandang disabilitas. Dengan ini, TISA diharapkan dapat membantu dan menjawab kebutuhan informasi para penyandang disabilitas. Ke depannya, TISA akan terus berkembang menyesuaikan era digital dan kebutuhan informasi teman-teman disabilitas.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)