alexametrics

5 Penyebab Mata Tampak Lelah Bahkan Usai Tidur Nyenyak

loading...
5 Penyebab Mata Tampak Lelah Bahkan Usai Tidur Nyenyak
Sulit tidur bukanlah satu-satunya alasan mengapa mata terlihat lelah dan bengkak di pagi hari. Foto/Mpclinicgroup.com
A+ A-
JAKARTA - Ada kalanya setelah tidur nyenyak selama delapan hingga sembilan jam sekalipun, mata Anda terlihat bengkak dan masih terlihat lelah pada hari berikutnya. Bagian yang paling membuat frustasi adalah ketika orang lain yang melihat dan memberi tahu kepada kita.

Lingkaran hitam di sekitar mata terjadi ketika Anda stres atau tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. Sulit tidur bukanlah satu-satunya alasan mengapa mata terlihat lelah dan bengkak di pagi hari. Di lansir dari Times of India, berikut lima penyebab lain yang membuat mata mungkin terlihat lelah:

1. Alergi.
Alergi mata adalah alasan lain mengapa mata terlihat lelah dan bengkak. Ketika partikel kecil seperti serbuk sari atau rambut kucing bersentuhan dengan mata, tubuh kita menghasilkan bahan kimia yang disebut histamin, yang melebarkan pembuluh darah di bawah mata, meningkatkan aliran darah, dan menyebabkan peradangan.



2. Dehidrasi.
Kekurangan air di dalam tubuh bisa membuat Anda terlihat lelah dan mengarah ke pembengkakan mata. Ini terjadi karena kulit di sekitar mata sangat sensitif dan mengalami dehidrasi, yang dapat membuat mata terlihat kelelahan. Bahkan setelah tidur tujuh hingga delapan jam, minumlah sebanyak mungkin.

3. Asupan makanan asin.
Asupan garam berlebih dapat menyebabkan retensi air di dalam tubuh, terutama di sekitar mata Anda. Retensi cairan dapat meregangkan kulit supertipis di sekitar mata dan membuatnya terlihat lelah. Kurangi asupan garam dan minum lebih banyak air untuk mengurangi peradangan.

4. Asupan kafein berlebih.
Kelebihan asupan kafein membuat Anda dehidrasi serta bisa menjadikan Anda terlihat kusam dan lelah. Kurangi asupan kopi Anda. Lebih baik minumlah teh hijau yang dikemas dengan antioksidan dan dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat.

5.Ketegangan mata.
Menyipitkan mata, berusaha melihat benda yang jauh, atau kesulitan membaca dapat membuat mata Anda tegang. Hal itu dapat melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan lingkaran hitam juga bengkak pada mata. Maka, beristirahatlah dari layar komputer Anda setelah 20 menit.
(tsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak