10 Gejala Mata Kering yang Harus Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

Sabtu, 16 September 2023 - 15:50 WIB
loading...
10 Gejala Mata Kering yang Harus Diwaspadai dan Cara Mencegahnya
Mata kering merupakan kondisi mata yang paling sering ditemui pada populasi umum. Kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman di mata, mengganggu penglihatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Mata kering merupakan kondisi mata yang paling sering ditemui pada populasi umum. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di mata, bahkan dapat merusak permukaan mata yang pada akhirnya mengganggu penglihatan.

Lapisan air mata berfungsi untuk melindungi permukaan mata. Pada kondisi normal, lapisan air mata bersifat stabil dan homogen, yang tidak hanya memberikan perlindungan pada permukaan mata tapi juga berperan dalam menjaga penglihatan yang baik.

Apabila lapisan air mata menjadi tidak sehat, air mata akan pecah pada beberapa area di permukaan mata, menyebabkan gejala iritasi, penglihatan yang tidak stabil dan tidak fokus. Salah satu keluhan yang sering muncul dari penderita mata kering adalah mata berair.

Kadangkala, hal ini membuat pasien bingung, kenapa mata mereka dikatakan kering padahal yang dirasakan adalah berair. Hal ini terjadi akibat air mata yang tidak sehat disertai iritasi akan menstimulasi otak untuk menghasilkan refleks mengeluarkan air mata untuk melawan iritasi yang timbul.

Akan tetapi, refleks berair ini tidak cukup untuk mengatasi kondisi yang ada. Adapun gejala lain dari mata kering yang dapat dirasakan meliputi:



1. Gatal
2. Mata berair
3. Mata terasa sakit atau berat
4. Mata lelah
5. Sensasi seperti ada benda asing di mata
6. Keluar kotoran dari mata
7. Mata merah
8. Penglihatan yang buram fluktuatif (memburuk ketika membaca, bekerja dengan komputer, menyetir kendaraan, menonton televisi, dan sebagainya)
9. Sensitivitas terhadap cahaya
10. Rasa panas atau terbakar di mata

Menurut jurnal Middle East Afr J Ophthalmology 2017, estimasi prevalensi mata kering berkisar antara 7,4 hingga 33,7 persen. Sindrom mata kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, menjadikannya kondisi multifaktorial. Faktor-faktor ini meliputi alergi, inflamasi pada kelopak mata (blefaritis), penggunaan lensa kontak, faktor lingkungan seperti cuaca panas, berangin, berdebu, polusi udara, penyakit neurologis seperti stroke, bell’s palsy, parkinson, diabetes melitus, dan banyak lainnya.

Untuk mencegah mata kering, ada sejumlah tindakan yang dapat diambil. Pertama, bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat polusi udara tinggi seperti Jakarta, menggunakan air filter bisa membantu mengurangi paparan partikel-partikel yang dapat memengaruhi kualitas air mata.

Selanjutnya, penggunaan air humidifier di dalam rumah dapat menjaga kelembapan udara, menghindari udara kering yang dapat memperburuk kondisi mata kering. Penting juga untuk selalu menggunakan kacamata pelindung ketika berhadapan dengan angin, cuaca panas, atau polusi, karena hal ini dapat melindungi mata dari faktor-faktor eksternal yang dapat merusak film air mata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2228 seconds (0.1#10.140)