Lucia Karina Jadi UN Global Compact SDG Pioneer 2024, Gencarkan Aksi untuk Capai SDGs di Dunia Bisnis

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 00:30 WIB
loading...
A A A
Karina meyakini Indonesia dapat menjadi role model bagi negara-negara lainnya. Ia mengajak para pemimpin untuk menunjukkan bahwa Indonesia konsisten dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan yang mendorong inklusivitas sehingga masyarakat itu lebih berdaya, bukan lagi menjadi penerima manfaat, tapi mereka justru menjadi pemberi manfaat yang membangun struktur. Jika hal demikian terjadi, otomatis ekonomi yang ada adalah ekonomi keberlanjutan.



“Pada prinsipnya, SDGs terdiri dari 5 prinsip yaitu profit. People, planet, peace, and partnership. Lima, ini ada di Pancasila. Bahkan sebelum MDGs, sebelum SDGs, Pancasila itu sudah ada. Saya bangga jadi orang Indonesia dan saya berharap bahwa pemerintah kita itu yang sekarang ini mulai kembali melihat budaya-budaya luhur yang sudah ada. Dengan mulai kembali melihat etika luhur yang sudah ada dan bisa menjadi pemimpin integritas dan role model buat masyarakat," lanjutnya.

Momentum ini diharapkan dapat menyadarkan sektor bisnis Indonesia bahwa tantangan global seperti perubahan iklim, kesenjangan sosial, dan penipisan sumber daya yang semakin mendesak dan membutuhkan perhatian serta tindakan segera. Oleh sebab itu, dibutuhkan percepatan upaya menuju praktik bisnis berkelanjutan dan inisiatif yang berarti, guna mencapai SDGs tahun 2030.

“Saya melihat sekarang sustainability itu sudah mulai membudaya, dan juga profesional-profesional di sustainability semakin meningkat. Saya pikir kita perlu mendukungkan lebih banyak lagi professional-profesional leaders untuk melaksanakan SDG dan sustainability,” tutup Josephine.

Dalam acara tersebut, turut hadir peraih SDG Pioneer 2018, yakni Martha Tilaar, Founder & Chair Woman Martha Tilaar Group; Noke Kiroyan, Chairman Kiroyan Partners; Imam Prasodjo, Ketua Yayasan Nurani Dunia; serta Bruna Elias, Senior Manager, SDG Innovation Accelerator, UN Global Compact.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)