alexametrics

Ingin Potong Rambut Sendiri di Rumah? Ikuti Langkah-Langkah Ini

loading...
Ingin Potong Rambut Sendiri di Rumah? Ikuti Langkah-Langkah Ini
Sebelum memotong rambur sendiri, Anda perlu mengondisikannya terlebih dahulu. / Foto: Love Hairstyles
A+ A-
JAKARTA - Memotong rambut dapat membuat tampilan menjadi lebih segar dan berbeda. Di sisi lain, memotong rambut juga bisa mencegah terjadinya kerusakan sekaligus mempertahankan model rambut. Para ahli pun menyarankan untuk memotong rambut setiap delapan minggu sekali.

Namun, jika terus-menerus potong rambut di salon, biaya yang dikeluarkan tentunya tidaklah sedikit. Meskipun begitu, jangan khawatir, Anda bisa memotong rambut sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah memotong rambut di rumah seperti dilansir Sociolla.

1. Tonton video tutorial



Beda model rambut, beda juga cara memotongnya. Untuk mengetahui cara mendapatkan model rambut yang diinginkan, Anda bisa mencarinya terlebih dahulu di YouTube maupun layanan berbagi video lainnya. Selain bisa mendapatkan berbagai tips untuk memotong rambut, para pembuat konten ini biasanya langsung mendemokan tutorial tersebut.

2. Siapkan alat yang tepat

Alih-alih menggunakan gunting dapur atau gunting kertas, berinvestasilah pada gunting khusus untuk rambut. Gunting ini telah dirancang khusus agar bisa mengontrol dan menggerakkan pergelangan tangan secara nyaman. Selain itu, hasil potong yang diberikan pun akan lebih presisi.

3. Kondisikan rambut sebelum dipotong

Sebelum dipotong, Anda perlu mengondisikan rambut terlebih dahulu. Untuk yang memiliki rambut tipis, sebaiknya potong rambut dalam kondisi basah. Namun, ingat bahwa hasil potongan tersebut akan memendek saat rambut telah kering. Untuk rambut bertekstur atau keriting, sebaiknya potong rambut dalam kondisi kering. Dengan cara ini Anda bisa langsung melihat bentuk dari potongan rambut tersebut.

Selain itu, pertimbangkan juga model rambut yang diinginkan. Jika Anda menginginkan potongan rambut yang sama panjang, sebaiknya potong rambut dalam kondisi basah. Atau, Anda juga bisa meluruskan rambut menggunakan catokan sebelum dipotong. Hal ini bisa membantu mendapatkan potongan yang lebih presisi.

4. Gunakan produk styling setelah memotong rambut

Usai memotong rambut, goyangkan kepala agar seluruh potongan rambut bisa jatuh dan tidak menyebabkan rasa gatal. Setelah itu gunakan serum rambut untuk mengunci kutikula sekaligus mencegah terjadinya ujung bercabang. Terakhir, tata rambut Anda menggunakan produk styling untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak