Bagaimana BTS dan Para ARMY Mengubah Industri Musik?

Kamis, 01 Oktober 2020 - 08:41 WIB
loading...
A A A
Professor juga membuat poin untuk membedakan ARMY dari grup yang terkait dengan Beatlemania. Tentu, penggemar BTS tahu hagiografi dan latar belakang masing-masing anggota, tetapi segala sesuatu tentang keluaran band memprioritaskan kolektif daripada individu.

BTS berbagi akun tunggal, kolektif Twitter, dan Instagram, dan merilis materi solo melalui saluran bersama mereka. Demikian dalam video, BTS sering memulai dengan jepretan solo tetapi berakhir bersama.

Jadi, prestasi tidak pernah dibicarakan sebagai milik salah satu anggota grup, melainkan sebagai pekerjaan tim dan, tentu saja dukunan ARMY. Ini semua berbeda dengan ciri khas boy band Barat, termasuk 'N Sync, yang semuanya menyodorkan vokalis "bintang".

Pendekatan yang dilakukan BTS juga berbeda. Grup ini dibayangkan sebagai suatu kolektif untuk menyembuhkan keterasingan yang melanda di era digital. BTS yang singkatan dari Beyond the Scene adalah undangan bagi para penggemar untuk bergabung dengan mereka di luar panggung melalui konten video, yang hampir setiap hari yang menampilkan momen-momen dalam kehidupan pribadi mereka yang intim di YouTube, Twitter, dan aplikasi Big Hit Weverse. (Baca juga: Jakarta Fashion Week 2021 Digelar Online 26-29 November 2020 )

Sukses ini tak lepas dari perjalanan Big Hit. Pada 2011, pendapatan Big Hit dari artis utamanya, Lim Jeong-hee dan boy band 2AM, merosot tajam. Saat bayang-bayang kebangkrutan membayangi, Bang Si-hyuk, yang sekarang menjabat sebagai chairman, dan Lenzo Yoon, CEO global, merasa perusahaan membutuhkan perombakan total. Mereka menghentikan semua pekerjaan normal selama berbulan-bulan dan meminta karyawan untuk melakukan riset pasar, mencari visi dan formula baru.

Baru-baru ini Bang menjelaskan kesimpulan yang mereka capai dalam studi kasus Harvard Business School tentang perusahaan yang ditulis oleh Anita Elberse dan Lizzy Woodham. “Anda akan berpikir bahwa dengan perkembangan teknologi digital, orang dapat berkumpul dengan lebih mudah, tetapi kami menemukan bahwa sebenarnya orang lebih mungkin merasa lebih terisolasi. Jadi kami perlu menemukan cara untuk membantu mereka, menginspirasi dan menyembuhkan mereka,” jelas Bang.

Merefleksikan pilihan untuk mengembangkan kelompok yang memenuhi kebutuhan ini, Yoon mengatakan dalam penelitiannya: "Saya pikir pada tahun 2011 lalu, dengan kesimpulan yang kami tarik, kami menemukan ginseng liar, seperti yang kami katakan di Korea," ujarnya.

Pada proyek lagu "Dynamite", Big Hit bekerja sama dengan Columbia untuk lebih mengembangkan ginseng itu. Dipromosikan oleh Jacobson kepada ketua label Ron Perry, yang memandu dan pada dasarnya A & R'd lagu tersebut, bekerja di radio oleh VP eksekutif Columbia dan kepala promosi Peter Gray (yang telah memecahkan hit untuk Dua Lipa, Kelly Clarkson dan Kings of Leon), dan Semua diawasi dan diinformasikan oleh tahun-tahun pengetahuan manajemen Big Hit, itu adalah jenis pengembangan artis yang merupakan kartu panggilan bisnis musik dan yang telah kehilangan tempatnya di dunia rilis digital yang bergerak cepat.

Pemaparan radio tidak dianggap berdampak di Korea seperti di AS, catat RM, dan BTS - "mungkin naif" - tidak menyentuh tanah di AS dengan berpikir, 'Apa yang dapat meningkatkan pemutaran kami?' "Yang terakhir waktu sekitar. Namun, RM mencatat bahwa band ini memiliki "kepercayaan 100%" di Columbia, Big Hit, dan komunitas BTS yang lebih besar. “ARMY dan label semuanya mencoba yang terbaik,” katanya.

"Tujuan kami adalah untuk mencoba menunjukkan diri kami, mengekspos diri kami kepada ARMY sebanyak mungkin. Ada banyak platform sekarang,” tambah Jin. (Baca juga: Penggunaan Masker Kurangi Risiko Tertular Covid-19 )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)