Sering Sembelit? Atasi dengan Cara Berikut ini!

Minggu, 01 November 2020 - 17:25 WIB
loading...
Sering Sembelit? Atasi dengan Cara Berikut ini!
Serat pada sayur dan buah sangat bermanfaat mengatasi sembelit. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Konstipasi atau sembelit acapkali menjadi keluhan umum mulai dari anak-anak hingga lansia. Konstipasi berarti frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya. Umumnya dalam satu minggu, manusia buang air besar setidaknya lebih dari 3 kali. Jika frekuensi buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu, maka seseorang disebut mengalami konstipasi. Akibatnya, tinja menjadi kering dan keras sehingga lebih sulit dikeluarkan dari anus. Guna mengatasi keluhan konstipasi, tips berikut bisa dicoba:

1. Hidrasi tubuh

Konstipasi biasanya disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Kecukupan cairan harian dapat membantu tubuh mengatasi masalah konstipasi. Anjuran minum yang disarankan adalah dua liter per hari.

Baca juga : Baik buat Jantung, Ini Deretan Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

2. Perbanyak Serat

Sayuran dan buah-buahan sarat akan serat. Usahakan tetap mengasup sayuran maupun buah-buahan untuk melengkapi nutrisi harian Anda berdasarkan prinsip gizi seimbang. Serat dapat mencegah dan mengurangi konstipasi sebab dapat menyerap air ketika melewati saluran pencernaan sehingga meningkatkan ukuran feses.

3. Olahraga teratur

Beberapa olahraga ringan akan efektif menghindarkan Anda dari sembelit. Kalau Anda tipe orang yang mudah mengeluarkan cairan tubuh (berkeringat), berjalan kaki atau naik turun tangga selama beberapa menit cukup untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Baca juga : Waspada! Ini Tanda dan Gejala Diabetes pada Wanita Usia di Atas 40

4. Jangan Tunda BAB (Buang Air Besar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3925 seconds (0.1#10.140)