Bangkitkan Semangat Anak dengan Ruang Belajar Nyaman

Rabu, 11 November 2020 - 14:11 WIB
loading...
A A A
Sifat anak yang cenderung aktif dan tidak bisa diam ini, maka saat Anda memutuskan untuk membeli meja belajar, ada hal yang harus diperhatikan seperti keamanan dan keselamatan anak.

Untuk itu, sebaiknya pilih meja yang relatif besar, konstruksinya kuat, dan pilih bahan yang tidak mencederai. Begitu pula dengan pemilihan kursinya, gunakan kursi yang memiliki stabilitas baik. Dengan begitu, anak akan semakin nyaman beraktivitas di meja belajarnya.

Tidak hanya perlengkapan utama yang harus diutamakan. Itu agar tidak memberikan kesan bosan di ruang belajar si kecil karena bisa jadi anak Anda akan merasa jenuh dan selalu mengantuk saat diajak belajar. Ada baiknya hiasi dinding ruang belajar anak dengan menggunakan wallpaper, wall sticker, atau cukup dengan cat biasa, bergantung selera dan dana yang Anda miliki. Umumnya wallpaper lebih mahal, namun menyajikan lebih banyak motif sangatlah menarik, apalagi untuk anak-anak.

“Wallpaper yang disarankan untuk ruang belajar anak, yaitu pilih corak yang sesuai dan terbuat dari bahan yang tidak mudah kotor. Misalnya bahan vinyl atau jika ingin berwarna bisa menggunakan wall sticker,” ucap Ade. (Baca juga: Tata Cara Menjadi Pemilih di Saat Pandemi)

Mungkin banyak orang tua yang bertanya, mana yang lebih baik apakah menggabungkan ruang belajarnya dengan ruang tidur atau dipisah dengan ruang tidurnya? Umumnya ruang belajar membutuhkan kursi dan meja sendiri untuk kegiatan belajarnya, tapi sangatlah tidak masalah jika Anda ingin memisahkan ruang belajarnya dengan ruangan lain. Jadi, sang buah hati bisa lebih fokus dalam kegiatan belajarnya.

Ade menambahkan, jika ruang belajar anak ingin disatukan, yang perlu diperhatikan adalah menata agar fungsi kamar memilik zona yang jelas sebagai ruang istirahat sekaligus belajar. Untuk membedakannya bisa ditandai dengan rak buku. Selain itu, perhatikan juga warna yang ingin di gunakan mengingat usia anak yang sangat aktif sehingga sangat penting untuk ruangan yang menunjang kreativitasnya.

Untuk pemilihan warna, untuk ruang belajar pilih warna terang dan kuat karena bisa merangsang kreativitas anak. Contohnya, warna merah, oranye, biru, atau hijau. Penggunaan warna terang bisa digunakan untuk aksen dinding. (Lihat videonya: Waspada Angka Kejahatan Selama Pandemi Naik) )

“Ruang belajar tempat yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Untuk hal ini bisa menggunakan warna pastel, seperti biru pastel, oranye pastel, dan krem. Jika ruang belajar menyatu dengan kamar tidur sebaiknya gunakan warna pastel, terutama untuk dinding yang menghadap tempat tidur,” lanjut Ade. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2368 seconds (0.1#10.140)