Menikmati Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia

Minggu, 10 Mei 2020 - 13:19 WIB
loading...
A A A
Pembangunan Masjid Amirul Mukminin merupakan gagasan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin untuk memperkaya khasanah landmark Kota Makassar juga sebagai wisata religius. Dibangun mulai 8 Mei 2009, masjid ini kemudian diresmikan pada 21 Desember 2012 oleh Mantan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla.

3. Masjid Al-Aminah, Lampung

Menikmati Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia


Masjid Al-Aminah benar benar terapung di Teluk Lampung. Terletak 300 meter dari bibir pantai Sari Ringgung, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Masjid ini mengapung ditopang oleh beberapa pelampung dan dijangkar supaya tidak hanyut.

Masjid ini awalnya difungsikan sebagai fasilitas ibadah bagi nelayan yang masih berada di laut. Masjid ini dibangun tahun 2012, direnovasi pada tahun 2014. Kemudian, diresmikan sebagai objek pariwisata Lampung pada tahun 2015.

4. Masjid Terapung Amahami

Menikmati Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia


Masjid Amahami adalah masjid terapung yang terletak di kawasan Pantai Amahami. Bentuknya yang unik membuat Masjid Amahami menjadi salah satu landmark terbaru di kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Masjid Amahami selesai dibangun pada akhir 2018 ini didesain oleh tim Universitas Petra Surabaya.

Tak sekadar unik, rancangan Masjid Amahami ternyata juga mengandung makna khusus. Masyarakat Bima punya filosofi kepemimpinan yang dinamakan 'Nggusu Waru' dan 'Uma Lengge'. Dua unsur tersebut lantas diwujudkan dalam rancangan dasar masjid terapung dan dikombinasikan dengan desain bintang Al-Quds, simbol terkenal dalam ajaran Islam.
Keunikan bangunan dan lokasinya yang membuat Masjid Amahami memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

5. Masjid Arkam Babu Rahman
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)