Remaja yang Ikut Ekstrakulikuler Punya Kesehatan Mental yang Baik

Selasa, 17 November 2020 - 03:31 WIB
loading...
Remaja yang Ikut Ekstrakulikuler Punya Kesehatan Mental yang Baik
Remaja yang menghabiskan lebih sedikit waktu di depan layar dan lebih banyak waktu dalam kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga dan seni, lebih baik dalam hal kesehatan mental. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Remaja yang menghabiskan lebih sedikit waktu di depan layar dan lebih banyak waktu dalam kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga dan seni, lebih baik dalam hal kesehatan mental . Hal ini berdasarkan peneliti di University of British Columbia.

Pada penelitian yang diterbitkan jurnal Preventive Medicine menemukan bahwa remaja, terutama remaja perempuan melaporkan hasil kesehatan mental yang lebih baik jika mereka berpartisipasi dalam aktivitas tersebut dibandingkan dengan mereka yang tidak. (Baca juga: Pria Idaman Marsha Aruan Ternyata Bukan El Rumi, Ini Kriterianya )

Penemuan ini didasarkan pada survei terhadap 28.712 siswa kelas tujuh di 365 sekolah di 27 distrik sekolah di Britsh Columbia. Para peneliti mengumpulkan data tentang waktu rekreasi remaja, seperti menonton TV, bermain video game, atau menjelajahi Internet, menurut rilis berita yang menyertai penelitian tersebut. Mereka juga mengumpulkan data tentang kegiatan ekstrakurikuler remaja sebelum membandingkan hubungan dengan indikator kesehatan mental positif dan negatif.

Pada akhirnya, para peneliti menemukan bahwa remaja yang melaporkan lebih dari dua jam waktu rekreasi di layar per hari memiliki tingkat kepuasan hidup dan optimisme yang lebih rendah, serta tingkat kecemasan dan gejala depresi yang lebih tinggi. Dilansir dari Fox News, terutama berlaku untuk gadis remaja.

Sebagai perbandingan, remaja yang berpartisipasi dalam ekstrakurikuler secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk terlibat dalam kegiatan rekreasi berbasis layar selama dua jam atau lebih setelah sekolah. Tidak seperti rekan-rekan mereka, para remaja ini juga lebih cenderung melaporkan kepuasan hidup dan optimisme, serta tingkat kecemasan dan gejala depresi yang lebih rendah.

Secara keseluruhan, di antara anak laki-laki dan perempuan, para peneliti juga menemukan bahwa kesehatan mental paling kuat ketika remaja berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan menghabiskan waktu kurang dari dua jam di layar.

“Meskipun kami melakukan penelitian ini sebelum pandemi COVID-19, temuannya sangat relevan sekarang ketika remaja mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar di waktu luang mereka jika akses ke kegiatan ekstrakurikuler, seperti program olahraga dan seni dibatasi karena COVID-19,” kata Eva Oberle, penulis utama studi dan asisten profesor di Human Early Learning Partnership di UBC School of Population and Public Health.

"Temuan kami menyoroti kegiatan ekstrakurikuler sebagai aset (untuk) kesejahteraan mental remaja. Menemukan cara yang aman bagi anak-anak dan remaja untuk terus berpartisipasi dalam aktivitas ini selama waktu saat ini dapat menjadi cara untuk mengurangi waktu layar dan meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan," sambungnya. (Baca juga: Iis Dahlia dan Ayu Ting Ting Bersaing, Rhoma Irama Bakal Menghibur di ADI 2020 )

Meski beberapa bentuk waktu layar dapat bermanfaat, seperti memelihara hubungan dengan teman dan anggota keluarga secara online jika tidak dapat melihatnya secara langsung, tetapi ada jenis waktu layar lain yang dapat sangat berbahaya. Ada banyak nuansa yang belum dipahami dengan baik dan penting untuk dieksplorasi.

Temuan ini muncul setelah sebuah penelitian pada 2019 menyimpulkan bahwa depresi dan pikiran untuk bunuh diri telah berlipat ganda pada anak muda Amerika selama dekade terakhir, dengan ponsel dan media sosial sebagai penyebab kenaikan ini.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)