10 Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Makanan dan Minuman

Sabtu, 21 November 2020 - 10:00 WIB
loading...
10 Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Makanan dan Minuman
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Lidah buaya bisa menjadi bahan tambahan yang nikmat dan sehat untuk makanan atau minuman. Meskipun tanaman ini tidak akan menambah banyak rasa, namun dapat menambah tekstur dan membuat hidangan lebih sehat .Lidah buaya aman dan sehat untuk dimakan jika dipotong dan disiapkan dengan benar.

Cukup potong tanaman, tiriskan gel, dan tambahkan lidah buaya ke berbagai makanan. Namun, lidah buaya tidak aman untuk semua orang. Jika Anda melihat adanya efek samping, hentikan konsumsi dan segara bicarakan dengan dokter. Berikut tips mengolah lidah buaya dilansir dari Wiki How, Sabtu (21/11).

1. Gunakan lidah buaya yang tepat

Tidak semua lidah buaya aman dikonsumsi. Lidah buaya yang Anda tanam sendiri sebagai tanaman hias tidak dimaksudkan untuk dimakan. Sebagai gantinya, belilah daun lidah buaya berukuran besar di supermarket. Tidak semua supermarket menjual tanaman lidah buaya. Anda mungkin harus pergi ke toko bahan makanan organik untuk menemukan lidah buaya.

Baca juga : Kandungan Lidah Buaya di Toner Wajah Cegah Alergi, Lho!

2. Potong daun menjadi beberapa bagian

Gunakan pisau tajam untuk membuat potongan horizontal pada lidah buaya. Bagian tersebut harus berukuran sekitar tiga hingga empat inci atau sekitar delapan hingga 10 sentimeter lebarnya.

3. Potong sisi runcing

Salah satu sisi lidah buaya memiliki ujung yang runcing. Setelah memotong lidah buaya menjadi beberapa bagian, potong ujung runcing dari setiap bagian. Anda hanya perlu memotong bagian berduri, jadi jangan terlalu banyak memotong bagian samping lidah buaya.

4. Iris kulit hijau di sisi yang rata

Satu sisi lidah buaya akan lebih datar dari sisi lainnya. Gerakkan pisau dengan lembut di sepanjang sisi yang lebih rata, mengikis lapisan hijau kulit. Kikis warna hijau secukupnya sehingga Anda mendapatkan lapisan kulit transparan tepat di bawah permukaan hijau.

5. Ambil gel

Terdapat gel bening dalam lidah buaya. Letakkan lidah buaya dan gunakan sendok untuk mengeluarkan gel yang ada di dalam daun. Pindahkan gel ke wadah terpisah. Anda bisa mengonsumsi gel atau membuangnya. Jika Anda tidak ingin memakan atau meminum gel, Anda dapat menyimpannya untuk digunakan sebagai lotion, krim cukur, atau penggunaan topikal lainnya.

6. Cuci tanaman

Sama seperti tanaman lainnya, lidah buaya harus dicuci sebelum dimakan. Bilas lidah buaya di bawah keran untuk menghilangkan kotoran. Anda juga harus memastikan untuk membersihkan gel yang meresap ke sisi tanaman. Dengan cara ini, lidah buaya tidak akan lengket. Jika Anda berencana memakan lidah buaya yang masih ada kulitnya, rendam selama 10 menit di dalam air untuk melembutkan kulit dan membuat tanaman lebih mudah dimakan.

7. Potong lidah buaya sesuai kebutuhan

Setelah memotong dan merendam lidah buaya, potong sesuai kebutuhan untuk hidangan yang Anda buat. Untuk salad, Anda tidak perlu memotongnya lebih jauh. Jika digunakan sebagai hiasan, atau menambahkannya ke sesuatu seperti salsa, Anda perlu memotong lidah buaya.

8. Makan mentah dan minum gelnya

Lidah buaya memiliki rasa yang ringan. Anda cukup memakan daunnya sendiri sebagai camilan di antara waktu makan. Anda juga bisa mencelupkan lidah buaya ke dalam makanan seperti hummus dan saus sayuran. Beberapa penelitian menunjukkan gel lidah buaya membantu pencernaan dan menurunkan berat badan. Ini juga dapat membantu penyakit kronis seperti diabetes dan sindrom iritasi usus besar. Karena jus lidah buaya tidak memiliki rasa, Anda bisa langsung meminumnya.

Baca juga : Kunyit Ternyata Lebih Efektif Mengurangi Nyeri Lutut

9. Tambahkan lidah buaya ke dalam smoothie

Lidah buaya dapat menambahkan tekstur pada smoothie dan juga meningkatkan kesehatan smoothie secara keseluruhan. Anda bisa menambahkan gel lidah buaya ke dalam smoothie atau menambahkan potongan daun lidah buaya.

10. Buat salsa dan salad dengan lidah buaya

Anda bisa menambahkan lidah buaya ke dalam blender, bersama tomat, ketumbar, garam laut, air jeruk nipis, dan bawang putih. Haluskan campuran hingga menjadi pasta encer. Ini akan membuat salsa yang lezat untuk disajikan dengan taco atau dimakan dengan keripik tortilla. Daun lidah buaya cincang bisa dicampur ke salad apa pun. Ini dapat menambahkan sedikit kerenyahan ekstra dan meningkatkan nutrisi hidangan. Lidah buaya tidak memiliki rasa yang kuat, jadi menambahkan lidah buaya cincang tidak akan memengaruhi rasa hidangan.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)