Mau Kurangi Berat Badan Selama Pandemi? Ini 7 Tips dari Ahli Nutrisi

loading...
Mau Kurangi Berat Badan Selama Pandemi? Ini 7 Tips dari Ahli Nutrisi
Apakah motivasi berolahraga yang kurang menyebabkan berat badan Anda naik drastis saat ini? Anda pun bisa mengikuti tips dan saran dari ahli nutrisi Lee Holmes. Foto/Dailymail.
JAKARTA - Sejak pandemi covid-19, aktivitas keluar rumah menjadi jarang, bahkan rutinitas pergi ke gym pun kini harus beralih ke latihan dari siaran virtual. Apakah motivasi berolahraga yang kurang menyebabkan berat badan Anda naik drastis saat ini?

Anda pun bisa mengikuti tips dan saran dari ahli nutrisi Lee Holmes yang dikutip dari dailymail.co.uk. Ini mungkin bisa jadi jawaban permasalahan penurunan berat badan Anda. Berikut ulasannya. (Baca juga: Ini Manfaat Konsumsi Telur Rebus Bagi Tubuh Lho! )

1. Minum lebih banyak air
Lee Holmes mengatakan hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah minum lebih banyak air. Bahkan jika Anda mengira Anda minum cukup air yakni antara dua dan tiga liter. Karena umumnya orang sering salah mengira lapar dengan haus padahal sebenarnya kita hanya haus, dan hal terbaik yang harus dilakukan adalah minum air.
Lee merekomendasikan Anda untuk minum segelas air setiap kali Anda ingin makan atau ngemil.

2. Tingkatkan Asupan Serat
Rekomendasi kedua dari Lee adalah Anda perlu makan lebih banyak serat, karena ini akan mengatur sistem pencernaan. Sayuran kaya serat dan kaya vitamin, mineral, antioksidan, dan mereka harus menjadi lauk dan porsi utama di piring Anda. Lee merekomendasikan makanan seperti sayuran hijau, zucchini, kacang hijau, brokoli, dan asparagus, yang bisa dipasangkan dengan salad dan hidangan utama.



3. Protein adalah Kunci
Protein adalah kunci untuk makanan apa pun seperti serat, seperti yang disoroti Lee bahwa itu 'penting' untuk membangun 'massa otot, meningkatkan metabolisme dan rasa kenyang'. Salah satu makanan favoritnya yang kaya protein dan lezat adalah tumis kerang dengan jamur dan bayam. “Sertakan berbagai protein di setiap makan, termasuk protein nabati seperti buncis, lentil, kacang edamame protein nabati non-nabati seperti ikan, telur, daging tanpa lemak dan beberapa produk susu,” kata Lee.

4. Jangan Lupa untuk Tetap Berolahraga
Keberhasilan dari penurunan berat badan memang 70% nya ditentukan dari menejemen diet, namun sisanya 30% Anda tetap harus berolahraga walaupun hanya yang ringan saja seperti berjalan kaki atau yoga. “Memadukan olahraga sangat bagus untuk lingkar pinggang ideal dan kesehatan mental Anda,' ungkap Lee.

5. Tetap Makan Makanan Kesukaan
Jika Anda melarang diri Anda sendiri untuk makan beberapa makanan favorit Anda, Anda mungkin juga sedang bersiap-siap untuk gagal. Sesekali, biarkan diri Anda menikmati sedikit yang Anda suka, entah itu kari atau ikan dan keripik buatan sendiri namun terap mengontrol program diet Anda. (Baca juga: 6 Film Independent yang Bisa Ditonton Streaming untuk Akhir Pekan )



6. Apresiasi Diri Anda Secara Berbeda, Bukan dengan Makanan
Jika Anda terbiasa menghargai kemenangan di tempat kerja dengan es krim atau makanan yang dibawa pulang, cobalah melakukan sesuatu yang tidak berhubungan dengan makanan, baik itu pijat, jalan-jalan ke bioskop, mandi air hangat atau pedikur. Terlalu sering, kita menghadiahi diri kita sendiri dengan makanan, padahal tidak harus demikian dan cara lain sebenarnya sama efektifnya.

7. Mencoba Intermittent Fasting
Intermittent fasting, jadi cara terbaik untuk melatih sistem pencernaan dan menurunkan berat badan hal ini juga disarankan pakar nutrisi. Anda dapat melakukan ini dengan berbagai cara, termasuk membatasi kalori Anda pada hari-hari tertentu atau selama periode waktu tertentu. Saat ini bahkan ada aplikasi yang bisa Anda unduh di ponsel Anda untuk memonitor intermittent fasting. Metode 16: 8 adalah salah satu yang paling populer, karena melibatkan makan selama jendela delapan jam dan berpuasa selama 16 jam sisanya.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top