Pengin Bepergian Naik Pesawat di Masa Pandemi? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Rabu, 16 Desember 2020 - 07:33 WIB
loading...
Pengin Bepergian Naik Pesawat di Masa Pandemi? Simak Dulu Tips Berikut Ini
Di situasi yang tidak menentu ini, keselamatan dan keamanan dalam melakukan perjalanan merupakan hal penting yang perlu diprioritaskan. / Foto: Ilustrasi/Security Today
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 berdampak tidak hanya kepada industri pariwisata, namun juga berpengaruh terhadap gaya hidup masyarakat, salah satunya dalam hal traveling . Saat ini, masyarakat sudah memahami pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan yang menjadi prioritas utama. Setelah sempat ditutup, pemerintah sudah mulai membuka rute penerbangan. Kendati demikian, bukan berati Anda bisa berpergian begitu saja.

(Baca juga: 6 Kota Rekomendatif untuk Habiskan Libur Akhir Tahun )

Di situasi yang tidak menentu ini, keselamatan dan keamanan dalam melakukan perjalanan merupakan hal penting yang perlu diprioritaskan. Karena itu, masyarakat diminta untuk tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak).

Secara umum, berpergian menggunakan pesawat saat ini membuat stres. Orang-orang khawatir tentang menjaga jarak yang tepat, setiap kali seseorang batuk , semua orang menjadi waspada dan menggunakan kamar kecil terasa menakutkan. Ini membuat kesenangan dalam perjalanan udara menjadi kurang mengasyikkan dan sedikit lebih memicu kecemasan.

Namun baru-baru ini, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pesawat bukanlah sarang virus corona baru . Salah satu dari Departemen Pertahanan AS mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan sistem ventilasi di pesawat menyaring udara secara efisien dan mengeluarkan partikel yang dapat menularkan virus.

Jika Anda berencana akan berpergian menggunakan pesawat, berikut tipsnya seperti menyadur dari Houston Methodist.

1. Buat pilihan yang aman

Mengurangi risiko Covid-19 saat terbang dimulai dengan keputusan yang Anda buat saat memesan penerbangan. Seperti halnya menghindari singgah dan memilih tujuan yang relatif dekat, jika perjalanan udara Anda untuk kesenangan atau berlibur. Sebaiknya Anda juga memeriksa situs web maskapai penerbangan untuk informasi tentang langkah-langkah keamanan yang diambil di terminal dan di pesawat terbang.

2. Menggunakan masker

Sebagian besar maskapai penerbangan mengharuskan Anda mengenakan masker saat berada di bandara dan di pesawat sekarang. Namun ada pengecualian untuk aturan ini, seperti saat Anda sedang makan atau minum. Menggunakan masker tidak hanya melindungi Anda dari tertular Covid-19, tetapi juga mencegah menyebarkan virus ke orang lain jika Anda sakit dan tidak mengetahuinya. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki gejala yang parah, orang lain dalam penerbangan dapat berisiko tinggi mengalami komplikasi parah saat tertular Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)