Mengenal Sindrom Tourette yang Diidap Billie Eilish

Sabtu, 19 Desember 2020 - 14:45 WIB
loading...
A A A
Tics juga dapat melibatkan gerakan (tics motorik) atau suara (tics vokal). Tics motorik biasanya dimulai sebelum tics vokal terjadi. Tapi spektrum tics yang dialami orang beragam. Selain itu, tics dapat bervariasi dalam jenis, frekuensi dan tingkat keparahan, dapat emburuk jika Anda sakit, stres, cemas, lelah atau bersemangat.

Tics dapat terjadi saat tidur, berubah seiring waktu, memburuk di tahun-tahun awal remaja dan meningkat selama masa transisi ke masa dewasa, sebelum timbulnya gerakan motorik atau vokal, Anda mungkin akan mengalami sensasi tubuh yang tidak nyaman (dorongan firasat) seperti gatal, kesemutan, atau ketegangan.

Baca juga : Bosan Tampil Girly, Lisa Blackpink Pilih Gaya Perhiasan Rock

Ekspresi tics membawa kelegaan. Dengan usaha keras, beberapa orang dengan sindrom tourette dapat menghentikan atau menahan tics untuk sementara waktu. Penyebab pasti sindrom tourette tidak diketahui. Ini adalah kelainan kompleks yang kemungkinan disebabkan oleh kombinasi faktor keturunan (genetik) dan lingkungan.

Bahan kimia di otak yang mengirimkan impuls saraf (neurotransmiter), termasuk dopamin dan serotonin, juga berperan. Adapun faktor risiko sindrom tourette meliputi sejarah keluarga, memiliki riwayat keluarga sindrom tourette atau gangguan tics lainnya dapat meningkatkan risiko pengembangan sindrom tourette.

Baca juga : Gandeng China, Luhut Kebut Pemulihan Ekonomi Pariwisata RI

Di sisi lain, laki-laki berisiko sekitar tiga sampai empat kali lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk mengembangkan sindrom tourette. Tidak semua tics menunjukkan sindrom tourette. Banyak anak mengembangkan tics yang hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau bulan.

Baca juga : PUPR: Realisasi Program Sejuta Rumah Capai 856.758 Unit

Tetapi setiap kali seorang anak menunjukkan perilaku yang tidak biasa, penting untuk mengidentifikasi penyebabnya dan menyingkirkan masalah kesehatan yang serius.
(sal)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)