5 Aktivitas Sederhana untuk Jaga Imunitas Tubuh

Selasa, 22 Desember 2020 - 12:22 WIB
loading...
5 Aktivitas Sederhana untuk Jaga Imunitas Tubuh
Salah satu manfaat tertawa adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. / Foto: Ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Mengatur pola makan sehat adalah cara paling mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Namun, hal itu tidaklah cukup. Sederhananya imunitas tubuh yang kuat dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi musuh yakni berbagai penyakit dan virus.

(Baca juga: Jangan Berikan 8 Makanan Ini pada Bayi untuk Hindari Alergi )

Bicara tentang imunitas tubuh dan penyakit , stres tinggi dapat menjadi sumber penyakit. Semakin tinggi tingkat stres yang dialami, semakin berkurang antibodi dan sel darah putih yang dihasilkan tubuh juga semakin sedikit. Kabar gembiranya Anda tidak perlu melakukan hal-hal luar biasa. Berikut ini 5 aktivitas sederhana yang membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Tertawa

Siapa yang tak suka tertawa? Well, ini cara paling mudah meningkatkan imun. Salah satu manfaat tertawa adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Dengan berkurangnya stres, sistem kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga.

Olahraga Teratur

Olahraga rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang kinerja sel darah putih. Waktu olahraga yang disarankan adalah selama 20-30 menit setiap hari. Pilihan olahraga yang baik dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh meliputi berjalan kaki, berenang, bersepeda, senam aerobik, hingga latihan fisik di gym.

Saat berolahraga Anda bisa dibantu monitoring dengan smartwatch Garmin, Galaxy Watch, Huawei, dan Apple Watch. Selain merekam detak jantung, jumlah langkah, dan mengukur kualitas tidur, smartwatch tersebut juga dibekali layanan olahraga bersama instruktur secara virtual. Jadi untuk kamu yang pengen olahraga sendiri, tetap punya guidance.

Kelola Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Kadar hormon stres atau kortisol yang tinggi lama-kelamaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Luangkan waktu sejenak saat malam atau sore dari pekerjaan dengan streaming film atau series favorit melalui tablet iPad, MatePad, dan Galaxy Tab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)