Optimalkan Kualitas Sperma, Tinggalkan Celana Dalam Ketat

Kamis, 07 Januari 2021 - 09:07 WIB
loading...
Optimalkan Kualitas Sperma, Tinggalkan Celana Dalam Ketat
Untuk alasan yang sama, pakaian olahraga yang ketat, jeans ketat, dan celana yang pas juga tidak bagus untuk kesehatan sperma. / Foto: Ilustrasi/New York Post
A A A
JAKARTA - Secara ilmiah, celana jenis boxer lebih ramah sperma daripada celana dalam biasa yang menekan testis ke arah tubuh dan meningkatkan suhu testis. Konsultan urologi dan andrologi dari Advanced Urology Associates, Dr Ronny Tan mengatakan, berbeda dengan celana dalam, menggunakan boxer, membuat testis tergantung di sktotum.

(Baca juga: Menstruasi Telat Tidak Selalu Jadi Tanda Kehamilan, Mungkin Ini Penyebabnya! )

"Ini (boxer) memungkinkan testis menjadi sekitar 2 derajat celcius lebih rendah dari suhu inti tubuh (rata-rata pada 36,9 derajat celcius), yang akan meningkatkan produksi sperma serta memengaruhi kesehatan sperma ," kata Dr Tan seperti dikutip Channel News Asia, Selasa (5/12).

Untuk alasan yang sama, pakaian olahraga yang ketat, jeans ketat, dan celana yang pas juga tidak bagus untuk kesehatan sperma. Konsultan kebidanan dan ginekolog di Thomson Fertility Centre, Dr Janice Tung menjelaskan, temperatur yang meningkat terbukti menyebabkan tertahannya produksi sperma, stres oksidatif dan kerusakan DNA pada sperma.

"Saya tidak akan menyarankan pria untuk menjadi komando atau tidak terengah-engah di rumah untuk tujuan ini. Tapi mereka dipersilakan melakukannya karena alasan lain mereka sendiri," gurau Dr Tung.

Jika berencana untuk memiliki anak, Anda harus meninggalkan celana ketat dan mengoptimalkan kualitas sperma.

(Baca juga: Sudah Siap Lepas Anak Sekolah Tatap Muka? Pastikan Dulu Hal-Hal Ini )

Sementara itu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) , kriteria normal jumlah sperma adalah 15 juta/mililiter. Jumlah ini telah turun secara global dari hitungan normal sebelumnya yaitu 20 juta/mililiter pada 1999.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)