Pola Makan Sehat dan Seimbang Tingkatkan Imunitas Tubuh

Sabtu, 09 Januari 2021 - 08:29 WIB
loading...
A A A
Untuk membuat imunitas tetap terjaga baik bisa dilakukan dengan menghindari konsum‎si makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh, garam, dan gula. Seperti keripik, gorengan, mie instan atau minuman kemasan yang mengandung ‎gula secara berlebihan. Produk yang mengandung banyak gula ini biasanya hanya mengandung kalori tinggi, namun tidak mengandung nutrisi.

"Itu makanan enak semua dan juga mengandung gula berlebih. Tetapi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat berlebih membuat kita lebih mudah mengalami inflamasi atau peradangan dalam tubuh," imbuh dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Diana Felecia Suganda.

Selain itu, masyarakat perlu menghindari produk yang mengandung lemak jenuh (trans fat). Ini banyak ditemui pada makanan cepat saji (junk food), seperti pizza, humburger, atau nugget. Produk yang tinggi garam juga perlu dihindari, ini banyak terkandung dalam makanan kalengan dan makanan yang diawetkan. Alkohol juga menjadi produk yang harus dihindari jika ingin daya tahan tubuh terjaga.

"Jadi produk-produk inilah yang harus kita hindari atau konsumsinya benar-benar minim," tambahnya.

Ia juga mengingatkan agar tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet dan pewarna. Penyimpanan bahan makanan seperti sayur-sayuran pun harus diperhatikan. Jangan sampai sudah membeli sayuran segar dan bagus tetapi cara penyimpanan dan konsumsinya salah. Bayam misalnya, di masak pagi dimakan malam itu tidak sehat. Atau menyimpan daging, ikan, sayuran, dalam satu tempat itu harus dihindari agar kuman dan bakteri tidak tercampur di dalamnya. (Aprilia S Andyna)
(wan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)