Kiat Jaga Postur Tubuh agar Terhindar dari Masalah Kesehatan

Minggu, 10 Januari 2021 - 23:24 WIB
loading...
A A A
“Secara garis besar, jika kepala tegak maka bahu akan ke belakang, dan Anda ini adalah posisi normal yang bisa menjaga bentuk tubuh,” kata Christopher Wolf, M.D., Dokter Spesialis Bedah Ortopedi (Bedah Tulang) di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute, AS.

Postur tubuh yang baik juga melibatkan berdiri dengan sebagian besar berat badan ditumpukan pada tumit dan tangan di kedua sisi secara alami. Dalam posisi yang sudah baik ini, masukkan atau tahan perut untuk menghindari punggung melengkuk. Kaki luruskan sejajar bahu sehingga berat badan terdistribusi secara seimbang.

Menjaga Postur Tubuh Ketika Duduk

Saat duduk, punggung seharusnya dalam posisi tegak. Bahu seharusnya ke belakang, dan bokong menyentuh bagian belakang kursi. Banyak orang cenderung membungkuk ketika duduk. Maka itu, duduk dengan bokong hingga menyentuh belakang kursi, mencegah posisi membungkuk dan membuat bagian belakang tersokong.

Hindari menyilangkan kaki karena posisi ini menggeser panggul dan bisa memengaruhi punggung bagian bawah. Hindari duduk terlalu lama. Jadi berjalanlah setiap 30 menit sekali atau sekedar berdiri.

“Duduk dengan satu posisi membuat tekanan terjadi hanya di satu area,” kata Dr. Koski.

Cobalah untuk sesuaikan tinggi kursi sehingga Anda duduk dengan lutut sejajar dengan pinggang. Bahu dalam posisi rileks dan tangan berada juga dalam posisi santai di kursi atau meja.

Menjaga Postur Tubuh Ketika Tidur

Posisi tidur secara teknik juga terhitung sebagai tipe postur. Jika sering terbangun di pagi hari dan merasa tulang punggung nyeri atau sakit, dari leher hingga ke bagian bawah punggung, maka hendaknya mengubah posisi tidur. Misalnya orang yang menderita nyeri punggung bagian bawah, merasa tidur dengan posisi telentang. Tapi, ini tentu berbeda tergantung dari kondisi masalah tidur yang dialami.

( )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)