Mengapa Vaksin Covid-19 Penting saat Pandemi? Ini Jawabannya

loading...
Mengapa Vaksin Covid-19 Penting saat Pandemi? Ini Jawabannya
Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, vaksin dapat menjadi alat bantu dan senjata ampuh untuk memutus penularan Covid-19. / Foto: Ilustrasi/dok. SINDOnews
JAKARTA - Vaksin adalah produk biologis yang akan menimbulkan kekebalan spesifik atau khusus terhadap sebuah penyakit tertentu seperti Covid-19, misalnya. Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, vaksin dapat menjadi alat bantu dan senjata ampuh untuk memutus penularan Covid-19.

Baca juga: Aman dan Halal, IDI Himbau Masyarakat dan Nakes Tak Anti Vaksin

"Di masa pandemi Covid-19 ini, vaksin melindungi kita dari ancaman vaksin Covid-19 yang masih menyebar dengan cepat dan banyak menulari saudara kita sebangsa," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro , Rabu (13/1).

"Vaksin akan mengurangi jumlah pasien kritis dan menekan angka kematian," lanjutnya.



Lebih lanjut, dr. Reisa menerangkan bahwa vaksin dan vaksinasi merupakan hal yang berbeda. Jika vaksin adalah produknya, sedangkan vaksinasi merupakan proses di dalam tubuh ketika seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit tertentu seperti Covid-19.

"Sehingga apabila suatu saat terpapar virus penyebab Covid, tubuh kita akan mengenal dan membangun kekebalan sehingga tidak akan mengalami sakit yang berat," ungkap dr. Reisa.

"Vaksin dan vaksinasi adalah upaya penyempurna kita untuk menghentikan pandemi ini. Dengan 3M dan vaksinasi, kita yakin, kita bisa menghentikan pandemi ini," tambahnya.



Baca juga: Studi di Wuhan Temukan Gejala Covid-19 Mampu Bertahan hingga 6 bulan

Seperti diberitakan sebelumnya, pemberian vaksin Covid-19 perdana dilakukan hari ini (13/1) di Istana Merdeka, Jakarta. Pemberian vaksin Covid-19 perdana ini akan menjadi penanda dimulainya tahap pertama vaksinasi Covid-19.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top