6 Buah Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Minggu, 31 Januari 2021 - 09:22 WIB
loading...
6 Buah Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
Mangga adalah salah satu buah yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Foto: Istimewa/Boldsky
A A A
MAKASSAR - Tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan darah Anda meningkat ke tingkat yang tidak sehat dan merupakan masalah kesehatan yang umum. Penurunan tekanan darah disebut hipotensi, sedangkan peningkatan disebut hipertensi.

Hipertensi biasanya berkembang selama beberapa tahun dan mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, meski tanpa gejala, kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan organ, terutama otak, jantung, mata, dan ginjal.

Tekanan darah tinggi kadang-kadang disebut silent killer karena gejalanya kadang luput dari perhatian selama bertahun-tahun. Tapi pola makan yang tepat yang terdiri dari kalium, serat, magnesium dan rendah natrium dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi .

Meskipun tekanan darah tinggi dapat diobati dengan obat-obatan, penting juga untuk mengubah pola makan dan kebiasaan gaya hidup. Dilansir dari Boldsky, berikut ini 6 buah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami.

1. Mangga
Mangga kaya akan serat dan beta-karoten, yang keduanya dianggap efektif dalam menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan makanan kaya beta-karoten ke dalam makanan merupakan cara yang efektif untuk menurunkan tekanan darah dengan aman.



2. Aprikot
Aprikot adalah buah-buahan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda dan menurunkan risiko penyakit kronis. Buah ini kaya akan vitamin C dan beta-karoten yang merupakan kunci tingkat tekanan darah yang lebih sehat.

3. Apel
Mereka yang berjuang dengan tekanan darah bisa memasukkan apel sebagai salah satu buah wajib konsumsi. Quercetin, senyawa yang ditemukan dalam apel, efektif dalam menurunkan tekanan darah dengan aman. Antioksidan yang ada dalam apel juga dapat membantu mencegah komplikasi yang berkaitan dengan tingkat tekanan darah di masa depan.

4. Grapefruit
Grapefruit adalah sumber likopen dan vitamin C yang baik, yang sangat baik dalam menurunkan tekanan darah. Sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung, makan jeruk bali setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi .

5. Semangka
Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline, yang dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi . Asam amino membantu dengan merelaksasikan pembuluh darah dan meningkatkan fleksibilitas di arteri, sehingga menurunkan tekanan darah tinggi .

6. Tomat
Tomat mengandung banyak vitamin C dan quercetin. Mereka juga merupakan sumber likopen yang bagus, yang membantu menurunkan tekanan darah. Likopen telah terbukti bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2853 seconds (0.1#10.140)