Sering Cuci Tangan dan Pakai Hand Sanitzer Bikin Kulit Kering, Bagaimana Mengatasinya?

Jum'at, 12 Februari 2021 - 19:30 WIB
loading...
A A A
5 Pakai krim tangan dengan sifat occlusive

Occlusive adalah zat yang dipakai untuk mencegah penguapan air berlebih dari kulit. Di siang hari krim tangan dengan sifat occlusive kurang nyaman dipakai karena sifatnya yang berat dan lebih berminyak. Namun di malam hari penggunaan krim jenis ini justru disarankan yang bisa mengunci kelembaban di kulit.

Baca Juga : Bagaimana Bedakan Gejala Long Covid, Reinfeksi atau Penyakit Berbeda?

6. Pakai sapu tangan ketika cuci piring

Bukan hanya ketika mencuci piring, ketika menyikat kamar mandi yang menggunakan produk berbahan kerad sebaiknya lindungi diri dengan sarung tangan. Bukan hanya bisa membuat kulit menjadi kering, Dr. Marchbein produk ini juga bisa membuat kulit menjadi terkena iritasi serius.

7. Perhatikan lingkungan sekitar Anda

Kulit kering umumnya terjadi di bulan-bulan yang dingin dimana kelembaban lebih sedikit di udara luar, sementara panas di dalam rumah membuat udara luar menjadi kering. Untuk mengatasinya, Anda bisa membeli humidifier yang bisa menjaga kelembaban di dalam ruangan.

Baca Juga : Pakai Masker Dobel, Perlu dan Tepat Gak Sih?

8. Konsultasi ke dokter jika alami eczema

Eczema adalah ruam kemerahan pada kulit dan biasanya disertai dengan rasa gatal. Eczema juga dikenal dengan sebutan dermatitis, kulit kering menjadi salah satu pemicunya. Eczema bisa dipicu karena mencuci tangan berilang kali. Jika Anda mengalami ini, konsultasi ke dokter kulit untuk penanganannya. Dokter mungkin akan meresepkan kortikosteroid untuk penyembuhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)