Memilih Camilan Sehat untuk si Kecil, Begini Tipsnya!

loading...
Memilih Camilan Sehat untuk si Kecil, Begini Tipsnya!
Camilan sangat membantu anak mengelola rasa lapar. Saat memberikan camilan ada hal-hal yang harus diperhatikan. Foto/Istimewa
JAKARTA - Camilan merupakan hal penting yang dapat membantu mengelola rasa lapar anak-anak dan meningkatkan asupan gizi mereka sepanjang hari. Memberikan camilan pada waktu yang tepat juga dapat memberikan dorongan energi yang sangat dibutuhkan di sela waktu makan. Berikut adalah tips memilih camilan sehat bagi anak:

1. Bebas dari kandungan bahan buatan seperti pewarna makanan sintetis. Menurut sebuah penelitian dari University of Southampton, pewarna makanan buatan seperti merah allura,biru berlian FCF, tartrazine, kuning kuinolin, sunset yellow dan ponceau 4R dapat menyebabkan peningkatan hiperaktif pada anak – anak. Pewarna makanan seringkali ditambahkan pada makanan dan camilan yang diperuntukkan bagi anak-anak seperti cereal, permen, frosting, biskuit, dan minuman manis agar membuat anak tertarik.

2. Perhatikan label kemasan pada saat membeli produk makanan kemasan guna mengetahui dan memastikan bahwa bahan – bahan atau kandungan yang digunakan dalam produk tersebut alami dan aman utuk dikonsumsi.

Baca Juga : Daftar Makanan Ini Bisa Bantu Anda Kelola Gula Darah di Rumah



3. Untuk memaksimalkan pemberian camilan pada anak, penting kiranya bagi para ibu untuk memilih waktu yang ideal, yakni pada pukul 10 pagi dan 3 sore. Memberikan makanan ringan pada waktu-waktu tersebut dapat meningkatkan kecukupan energi bagi fisik dan mental anak serta memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar mereka.

4. Salah satu menu camilan sehat untuk anak adalah yogurt dan buah-buahan segar. Pastikan Anda memilih yogurt yang tepat dengan kandunganpewarna alami. Selain itu, yogurt juga mengandung protein yang dapat menjaga sel otak agar tetap kuat dan membantu anak untuk tetap fokus selama menjalani aktivitas belajar. Tambahkan stroberi atau blueberry untuk meningkatkan rasa dan daya tarik visual bagi anak-anak. Buah beri berwarna-warni ini juga mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

5. Selain yogurt, para ibu juga dapat mengenalkan si kecil pada camilan yang terbuat dari bahan alami seperti oatmeal, kacang-kacangan, ubi jalar, buah-buahan utuh dan lainnya. Camilan ini tidak hanya alami tetapi juga tinggi protein dan serat yang penting untuk tumbuh kembang anak.



Baca Juga : Tips Tidur yang Sehat dan Santai

6. Adapun protein dari makanan utama membantu menstabilkan kadar gula dalam jangka waktu yang lebih lama dan membantu anak-anak lebih fokus pada apa yang mereka pelajari, menambahkan makanan berserat seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayur-sayuran dapat lebih menstabilkan dan meningkatkan kemampuan kognitif, suasana hati, dan ingatan pada anak-anak.

7. Lebih banyak waktu yang dihabiskan di rumah akan memungkinkan para ibu untuk mengajarkan anak-anak tentang kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat.
(wur)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top