Kolaborasi Pemerintah-Swasta Atasi Stunting lewat Edukasi Air Bersih dan Pembuatan Camilan Es Potong

Minggu, 06 Oktober 2024 - 23:23 WIB
loading...
Kolaborasi Pemerintah-Swasta...
Acara Gebyar 10 Program Pokok PKK di Semarang belum lama ini menyisipkan kegiatan pemecahan rekor MURI es potong raksasa. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Stunting masih menjadi masalah kesehatan serius di Indonesia. Kondisi ini terjadi ketika anak mengalami gagal tumbuh akibat kekurangan gizi. Stunting tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik anak, tetapi juga pada perkembangan kognitif dan kemampuan jangka panjang anak karena perkembangan otak yang kurang optimal.

Hingga saat ini, angka stunting di Indonesia masih jauh dari target penurunan sebesar 14 persen di tahun 2024. Presiden Jokowi menegaskan bahwa stunting bukan hanya persoalan asupan makanan, tetapi juga erat kaitannya dengan kesehatan lingkungan dan ketersediaan air bersih.

Upaya penurunan stunting, selain memfokuskan pada pemberian makanan bergizi, juga harus memperhatikan aspek sanitasi dan akses air bersih. Menurut riset Kementerian Kesehatan, sekitar 60 persen kasus stunting di Indonesia disebabkan oleh buruknya sanitasi dan kurangnya akses air bersih, sementara gizi buruk menyumbang 40 persen.

Tak heran, jika akses terhadap air bersih menjadi salah satu tujuan utama dalam Sustainable Development Goals (SDGs) dengan target pencapaian pada 2030. Air bersih berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk mandi, mencuci, hingga dikonsumsi untuk kebutuhan minum dan memasak. Konsumsi air kotor dapat menyebabkan infeksi mikroorganisme seperti patogen dan bakteri E.coli, yang pada akhirnya mengganggu sistem pencernaan dan berkontribusi pada masalah stunting di Indonesia.

Upaya penurunan stunting memerlukan pendekatan terpadu yang melibatkan berbagai sektor, mulai kesehatan, pendidikan, hingga infrastruktur sanitasi. Peningkatan akses terhadap makanan bergizi, edukasi kepada orang tua mengenai pola asuh yang baik, serta perbaikan layanan kesehatan ibu dan anak menjadi langkah-langkah penting dalam menekan angka stunting. Dukungan dan kolaborasi dari pemerintah, sektor swasta, serta masyarakat sangat dibutuhkan agar target penurunan stunting dapat tercapai dan generasi mendatang tumbuh dengan sehat serta optimal.

Air Minum Biru sebagai merek air minum isi ulang terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya air bersih dan sehat, terutama untuk kebutuhan minum dan dapur. Kali ini, Air Minum Biru berkolaborasi dengan PKK Kota Semarang, yang program utamanya sejalan dengan komitmen Air Minum Biru dalam bidang pangan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan hidup.

Dalam acara bertajuk Gebyar 10 Program Pokok PKK yang berlangsung di Lapangan Kedondong, Kecamatan Semarang Selatan, pada 6 Oktober 2024, hampir 2.000 anggota PKK Kota Semarang hadir sejak pagi. Acara ini menjadi puncak dari rangkaian kegiatan yang telah digelar di 16 kecamatan di Semarang sejak Mei 2024.

“PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memiliki peran besar dalam kesehatan dan ketahanan pangan rumah tangga. Air Minum Biru merasa bersyukur bisa berkolaborasi dengan PKK, khususnya PKK Kota Semarang, dalam sosialisasi dan edukasi terkait solusi Hempas Stunting," kata Yantje Wongso, CEO dan Founder PT Biru Semesta Abadi melalui keterangan tertulis.

"Stunting dapat dihempaskan dengan terpenuhinya akses terhadap air minum serta bahan makanan yang sehat, bergizi, dan bersih. Sayang, kualitas yang baik sering kali sebanding dengan harga yang mahal, sehingga tidak dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat. Masyarakat membutuhkan alternatif yang sehat sekaligus hemat, karena kesehatan adalah prioritas bukan pilihan. Air Minum Biru hadir sebagai solusi air minum isi ulang yang kualitasnya setara dengan air minum kemasan, tetapi dengan harga hanya sepertiganya,” lanjutnya.

Sementara itu, Gebyar 10 Program Pokok PKK dibuka dan diresmikan oleh Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Acara berlangsung meriah dengan berbagai perlombaan. Selain itu, acara ini juga menjadi momen spesial dengan pemecahan Rekor MURI.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)