Pentingnya Konsumsi Variasi Bahan Makanan yang Alami di Tengah Pandemi

loading...
Pentingnya Konsumsi Variasi Bahan Makanan yang Alami di Tengah Pandemi
Saat angka infeksi Covid-19 masih tinggi, kita juga harus tetap waspada dengan penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, kanker, diabetes hingga stroke. / Foto: ilustrasi/GoodFon
JAKARTA - Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga di tengah pandemi. Ketika angka terinfeksi Covid-19 masih tinggi, kita juga harus tetap waspada dengan penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, kanker, diabetes hingga stroke.

Baca juga: Penyakit Lambung tak Hanya Maag, Lantas Apa Saja?

Beberapa penyakit tersebut diketahui akan memperberat kondisi jika terinfeksi virus Covid-19. Oleh karena itu penting bagaimana memenuhi nutrisi untuk keluarga kita.

Nutrisi yang optimal bukan hanya memberikan perlindungan, tapi juga kesehatan secara keseluruhan agar tetap produktif. Kita perlu hidup yang sehat dan optimal, bagaimana peran gizi menyehatkan secara umum.

Dokter Gizi Medik, dr. Sylvia Irawati, M. Gizi, mengatakan, untuk memenuhi nutrisi optimal kita harus menerapkan prinsip gizi seimbang, konsumsi makanan yang beraneka ragam, pola hidup akrif, hingga menjaga berat badan ideal.



"Apa yang bisa kita lakukan? Nutrisi seimbang itu seperti apa? secara rekomendasi harus sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh, lalu konsumsi variasi bahan makanan alami, dan dengan bijak bagaimana memilih bahan makanan," ucap dr Sylvia dalam webinar Protecting Your Family with Natural Nutrients from Clean Label Products bersama Re.juve, Kamis (25/2).

Dia menuturkan bahwa isi piring seharusnya adalah 50 persen buah dan sayur dan sisanya makanan pokok serta lauk pauk. Namun, kita kadang kesulitan menerapkannya dalam satu kali makan.

"Kenapa perlu bahan makanan alami? Misalnya sebuah apel yang punya kualitas nutrisi sangat baik, ketika apel sudah dipetik dan diolah itu akan menurunkan gizinya. Jadi, semakin alami suatu bahan makanan kandungan gizinya, nutrisi, vitamin, mineral dan anti oksidannya akan semakin utuh. Dan inilah yang paling optimal untuk kita," papar dr Sylvia.

Menurutnya, dalam konsumsi variasi bahan makanan, direkomendasikan agar makan bahan makanan seperti warna pelangi, dan di setiap warna makanan ada kandungan yang sifatnya baik untuk kesehatan.

"Likopen untuk anti kanker, ada zat fitronutrien yang berfungsi menjaga imun. Dan mereka saling melengkapi, itu kenapa kita harus konsumsi berbagai macam warna makanan," ucap dr Sylvia.



Ada beragam bahan makanan alami berwarna yang bisa jadi pilihan, untuk warna merah ada tomat, semangka. Oranye ada jeruk, wortel. Hijau ada bayam, brokoli.

Baca juga: Yuk Waspada Gejala Kanker Prostat, Penyakit yang Diderita Kak Seto

Dia menyarankan untuk memudahkan konsumsi berbagai bahan makanan alami tersebut bisa disatukan dalam bentuk jus. "Misalkan dalam satu gelas ada campuran apel, bayam, nanas itu sudah 3 warna kita dapatkan nutrient yang padat gizi. Jangan ada campuran, harus 100 persen murni, tidak diencerkan dan ditambah pemanis," terang dr Sylvia.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top