Di Bulan Suci, Onda Sumbang Perangkat Saluran Air Bersih ke Masjid

Selasa, 19 Mei 2020 - 22:32 WIB
loading...
Di Bulan Suci, Onda Sumbang Perangkat Saluran Air Bersih ke Masjid
Onda mendonasikan ratusan perangkat saluran air bersih di dua masjid besar di DKI Jakarta. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Umat Islam di seluruh dunia pada tahun ini menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan kondisi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya akibat terjadinya pandemi Covid-19. Meskipun begitu, hal tersebut tidak mengurangi kekhusyukan umat Muslim untuk tetap menunaikan ibadah puasa dan lainnya selama bulan suci Ramadhan.

Di samping menjaga kebersihan agar tetap fit dan sehat, menjalankan ibadah di rumah saja merupakan salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19. Kondisi seperti ini pun mendorong masyarakat untuk berpikir kreatif dalam segala sesuatu, dan juga melatih untuk saling berbagi serta lebih peduli ke orang-orang di sekitar.

Tidak mau ketinggalan untuk turut saling berbagi dan bermanfaat buat masyarakat luas, merek saluran air bersih Onda sanitary & plumbing melakukan kegiatan sosial. Ya, melalui aktivitas CSR-nya, Onda mendonasikan ratusan perangkat saluran air bersih berupa kran air, shower, dan kotak sabun cair ke masjid raya di Provinsi DKI Jakarta.

"Selain perangkat saluran air bersih, Onda juga memberikan panduan cara mencuci tangan yang efektif dan langkah-langkah berwudhu yang benar dalam bentuk poster yang diharapkan membawa manfaat bagi setiap jamaah yang beribadah," tutur Public Relations Manager Onda, Hansel F. Setiabudi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/5).

"Karena air adalah yang pertama, jadi bantuan dalam bentuk kran sangat bermanfaat bagi jamaah, apalagi ditambah dengan poster sehingga setiap jamaah dapat mengetahui cara berwudhunya sudah baik atau belum," sahut Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah.

Masjid Raya Jakarta Islamic Center dan Masjid KH Hasyim Asy'ari menjadi dua masjid yang menerima donasi dari Onda ini. Masjid Raya Jakarta Islamic Center dengan luas keseluruhan 109.000 m² dan kapasitas hingga 20.680 jamaah merupakan satu kompleks terpadu pengembangan Islam, terdiri dari masjid, gedung pendidikan dan latihan.

Sedangkan Masjid KH Hasyim Asy'ari yang berdiri di lahan 2,4 hektar dengan daya tampung hingga 12.500 jemaah ini memiliki arsitektur bangunan yang dilengkapi dengan sentuhan khas Betawi. Penyerahan donasi ke masjid raya ini dilakukan dalam waktu berbeda, di Islamic Center berlangsung pada 21 Desember 2019, dan Hasyim Asy'ari pada 14 April yang lalu.

"Rasa peduli dan hasrat untuk berbagi semakin perlu dikembangkan, terutama dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri yang sebentar lagi kita rayakan. Harapan untuk kebaikan dan kesejahteraan bangsa dan negara semoga kita alami bersama," ungkap Hansel.

Sementara itu, setelah pemberian bantuan ke dua masjid tersebut, Onda akan melanjutkan aktivitas CSR ke sejumlah tempat lainnya. "Setelah ini juga akan diberikan ke fasilitas-fasilitas umum, agar CSR ini dirasakan oleh masyarakat luas," pungkas Hansel.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3145 seconds (0.1#10.140)