GAIN Dukung Kemenkes Tingkatkan Gizi Masyarakat Indonesia

Kamis, 01 Juli 2021 - 13:53 WIB
loading...
GAIN Dukung Kemenkes Tingkatkan Gizi Masyarakat Indonesia
GAIN dengan dukungan dari Pemerintah Belanda dan DFAT Australia menggandeng Kemenkes melaksanakan program meningkatkan status gizi masyarakat Indonesia. / Foto: ilustras/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - The Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar diseminasi hasil program kerjasama GAIN-Kementerian Kesehatan periode 2017-2020. GAIN dengan dukungan dari Pemerintah Belanda dan DFAT Australia menggandeng Kemenkes melaksanakan program yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Daftar Hotel Isoman Pasien OTG Covid-19 Berbayar Mandiri di Jakarta

Selama 2017-2020, melalui Memorandum Saling Pengertian (MSP), GAIN telah menjalankan berbagai program melalui koordinasi dan kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, guna melaksanakan program dengan tujuan perbaikan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan, perbaikan gizi remaja dan peningkatan akses pangan bergizi.

Dari berbagai kerja sama oleh pemerintah tingkat provinsi maupun kabupaten, perguruan tinggi dan sekolah, organisasi profesi, swasta hingga koperasi usaha, telah lahir berbagai capaian dan produk yang membantu program perbaikan gizi di Indonesia.

Misal saja pada program Perbaikan Gizi 1.000 Hari Pertama Kehidupan, yang dilakukan melalui intervensi perubahan perilaku Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) dengan menggunakan pendekatan yang inovatif yaitu Emo-Demo (emotional-demonstration). Program yang dilakukan GAIN dan Kemenkes bersama mitra kerja di tingkat kabupaten/kota ini bertujuan untuk meningkatkan praktek PMBA yang baik di antaranya meningkatkan pemberian ASI ekslusif, pemberian makanan yang bervariasi dengan gizi seimbang, selain membangun kemampuan kader.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, Esti Ayu Nusworin mengatakan, program Emo Demo sangat bermanfaat untuk menunjang keberhasilan program pemerintah Kabupaten Trenggalek.

Menurutnya, selama hampir 3 tahun kerja sama di Trenggalek, dinas kesehatan disana telah memiliki aset berharga, antara lain terlatihnya 15 master pelatih Emo Demo tingkat kabupaten. Kemudian, 177 pelatih Emo Demo di tingkat puskesmas, serta berhasil melakukan Emo Demo di seluruh posyandu dampingan, yakni 390 posyandu.

"Keberhasilan ini dibuktikan dengan dinobatkannya Kabupaten Trenggalek oleh Kemendagri, sebagai Kabupaten terbaik nomor 1 dalam Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Terintegrasi tahun 2020 yang dilaksanakan dalam acara workshop pencegahan dan penanganan stunting di Yogyakarta pada hari Selasa, 3 November 2020," kata dia dalam Webinar Dissemination Of Achievements and Learning Community Nutrition Status Improvement Program, 30 Juni lalu.

Cerita menarik datang dari Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua. "Saya mendengar tentang program EmoDemo dari beberapa rekan di Jawa Timur, dan tertarik untuk mengadopsinya di daerah saya," ujar Helda Walli.

Setelah pihaknya mengadopsi Emo Demo, Mamberamo Tengah berhasil meraih juara 1 dalam ajang bergengsi Orientasi Konvergensi Stunting Penilaian Kinerja Penanganan Stunting Tahun 2020 Provinsi Papua pada 21-22 Oktober 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)