GAIN Dukung Kemenkes Tingkatkan Gizi Masyarakat Indonesia

Kamis, 01 Juli 2021 - 13:53 WIB
loading...
A A A
Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran remaja terhadap pola makan sehat, dalam program kerjasama Kementerian Kesehatan–GAIN juga menginisiasi kegiatan Saya PEMBERANI (Saya Pembaharu Gerakan Gizi), di mana gerakan ini melibatkan peran aktif dari remaja itu sendiri dimana para remaja mendapatkan bimbingan dalam mengembangkan ide-ide inovatif mereka dalam menularkan kesadran akan pola makan yang lebih sehat.

Dalam upaya untuk menyediakan sumber informasi mengenai pemenuhan gizi yang baik, bersama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Center for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON), GAIN meluncurkan Promosi Gizi Berbasis Sekolah atau School-Based Nutrition Promotion (SBNP) dan Buku Kompilasi Kegiatan SBNP di Indonesia sehingga edukasi mengenai pemenuhan gizi seimbang dapat diakses lebih luas oleh guru, pembuat kebijakan, akademikus.

Di sisi lain, upaya terhadap peningkatan akses pangan bergizi terutama befokus pada pengurangan susut dan limbah pangan. Terlebih dengan situasi pandemi, telah berdampak pada sektor ekonomi khususnya dalam ketersediaan, distribusi dan konsumsi bahan pangan, sehingga berpotensi meningkatkan susut.

Melalui Jejaring Paska Panen untuk Gizi Indonesia ( JP2GI) beberapa kegiatan telah dilakukan untuk membangun kesadaran akan pentingnya pengurangan susut Paska Panen. Selain itu program juga mellibatkan UKM-UKM melalui Business Innovation Challenge, dimana UKM dengan inovasi terbaik dalam menguruang susut paska panen, baik dari sisi distribusi maupun pengolahan, mendapatkan bantuan untuk pengembangan busines mereka.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih atas kontribusi berbagai pihak yang tidak bisa disebut satu persatu, atas kolaborasinya di dalam mensukseskan berbagai program kolaborasi seperti EmoDemo, Business Innovation Challenge, Saya Pemberani, E-Distcont, dan berbagai program lainnya, untuk perbaikan gizi keluarga Indonesia. Tentunya perjalanan GAIN tidak berhenti sampai disini dan dengan kepercayaan dari Kementrian Kesehatan, kami akan terus mendukung pemerintah di masa mendatang didalam kerangka kerja sama yang baru, melalui berbagai inovasi yang tidak kalah menarik, diantaranya program Peningkatan literasi gizi masyarakat serta Peningkatan akses pangan bergizi," tutur Acting Country Representive, GAIN Indonesia, dr. Agnes Mallipu.

Baca juga: Jangan Panik Jika Anak Terinfeksi Covid-19, Ini yang Harus Anda Lakukan!

Sementara, Koordinator Substansi Pengelolaan Konsumsi Gizi, Direktorat Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Mahmud Fauzi, SKM, M.Kes menyampaikan jika acara seperti ini diharapkan bisa menjadi pembelajaran baik dan dimanfaatkan lebih luas oleh para pemangku kepentingan untuk perbaikan gizi masyarakat di masa depan. "Tidak hanya Jawa Timur, tapi ke depan harus ke berbagai daerah lainnya. Kami berharap kerjasama ini dapat diteruskan dan berjalan dengan baik, serta dapat bantu program perbaikan gizi Indonesia lebih luas lagi," harapnya.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)