7 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Dijamin Manjur!

Rabu, 04 Agustus 2021 - 10:26 WIB
loading...
A A A
Mengurangi jumlah lemak dalam diet akan membantu mengurangi kolesterol. Alih-alih menggoreng, Anda harus mencoba memanggang, mengukus, merebus, atau menggunakan microwave. Potongan daging tanpa lemak daripada daging berlemak juga membantu mengurangi lemak jenuh yang Anda konsumsi.


4. Makanan berserat tinggi

Serat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kadar kolesterol. Orang dewasa harus makan 30 g serat sehari dan mengkonsumsi campuran sumber serat yang berbeda. Makanan berserat tinggi termasuk roti gandum, sereal gandum, buah-buahan, sayuran, kentang dengan kulitnya, gandum, barley, kacang-kacangan dan biji-bijian.
Makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari akan membantu menurunkan kolesterol Anda.

5. Aktivitas

Meningkatkan aktivitas Anda dengan melakukan lebih banyak olahraga dapat membantu mengurangi kolesterol. Anda harus berusaha untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik moderat setiap minggu untuk menurunkan kolesterol. Aktivitas aerobik sedang berarti Anda bekerja cukup keras untuk meningkatkan detak jantung dan berkeringat.

6. Produk penurun kolesterol

Ada produk penurun kolesterol khusus yang dirancang untuk membantu mengurangi kadar kolesterol. Produk-produk ini dirancang untuk orang yang sudah memiliki kolesterol tinggi, tetapi tidak mengonsumsi sterol atau stanol untuk mengelola kolesterol. Bagi mereka yang mengonsumsi produk ini, pastikan membaca label dengan cermat karena dapat merusak kesehatan jika dikonsumsi secara tidak benar.



7. Statin

Statin adalah obat yang dirancang untuk menurunkan kolesterol. Ini biasanya digunakan kepada mereka yang telah didiagnosis dengan penyakit jantung koroner atau riwayat keluarga yang menunjukkan bahwa mereka berisiko mengalaminya selama 10 tahun ke depan. Anda juga dapat membeli statin yang dijual bebas, tetapi harus berbicara dengan dokter yang juga dapat meresepkannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2729 seconds (0.1#10.140)